Wako Padang Panjang Verifikasi Data Rastra

Padangpanjang, padangtoday – Pemerintah Kota (Pemkot) Padang Panjang memverifikasi data masyarakat penerima beras sejahtera (Rastra) 2016, untuk validasi.

Advertisements

“Kami masih melakukan verifikasi, agar pemberian rastra tepat sasaran,” kata walikota Padang Panjang H. Hendri Arnis melalui Kepala Bagian Perekonomian Setdako Padang Panjang, Indra Gusnadi di Padang Panjang, belum lama ini.

Dia menambahkan data penerima rastra di Padang Panjang pada tahun sebelumnya sebanyak 2.359 Kepala Keluarga, namun seiring berjalannya waktu data tersebut ada yang berkurang.

“Kekurangan masyarakat penerima terjadi karena sudah ada yang meninggal dan pindah, maka untuk memenuhi kuota itu, kami melakukan penggantian dengan masyarakat lain yang berhak menerimanya,” ujarnya.

Ia menyebutkan verifikasi data yang dilakukan oleh Bagian Perekonomian itu, akan berlangsung beberapa hari kedepan.

“Diperkirakan akan selesai akhir bulan ini. Kami sudah meminta verifikasi data dari masing-masing kelurahan,” katanya.

Setelah data penerima valid, maka pemerintah setempat akan membuatkan Surat Keputusan Wali Kota dalam menyalurkan Rastra tersebut.

“Diperkirakan rastra sudah bisa disalurkan Maret 2016 kepada masyarakat Padang Panjang yang berhak menerimanya,” tambahnya.

Rastra yang dahulunya Beras Miskin (Raskin) itu diberikan kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah sesuai dengan keputusan Gubernur Sumbar nomor 500-15-2016 tetang pembagian beras masyarakat yang berpendapatan rendah.

Sedangkan jatah masing-masing keluarga penerima, sebut dia, seberat 15 kilogram setiap bulannya dengan harga setelah disubsidi sebesar Rp1.600 perkilogram.

“Rastra yang diberikan kepada masyarakat miskin tersebut sudah disubsidi sebesar Rp5.000 perkilogram, sehingga masyarakat bisa menebusnya dengan harga Rp1.600 perkilogram jika sebelumnya Rp6.600 perkilogram,” sebutnya.

Masyarakat penerima Rastra, Rosdiana mengucapkan, terima kasih kepada pemerintah yang sudah memperhatikan masyarakat berpenghasilan rendah yang ada di Padang Panjang.

“Mudah-mudahan Rastra yang diberikan pemerintah ini bisa berkelanjutan dengan harapan bisa keluar dari keterpurukan ekonomi,” kata dia. (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*