Wako Pariaman: Keberhasilan Pendidikan Yang Berkualitas Terkait Dengan Peningkatan Komptensi dan PTK

PARIAMAN, PADANGTODAY.com-Walikota Pariaman H Mukhlis R menyatakan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas terkait erat dengan keberhasilan peningkatan kompetensi dan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) tanpa menafikan faktor-faktor lainnya.

Advertisements

“Pengawas sekolah merupakan salah satu pendidik dan tenaga kependidikan yang posisinya memegang peran yang signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah,” kata Mukhlis R dan Sekda Kota Pariaman Armen serta Kabag Humas Pemko Pariaman Hendri kepada Padangtoday, kemarin, usai acara diklat fungsional calon pengawas sekolah SD, SMP, SLTA se Kota Pariaman.

Katanya, kegiatan pengawasan adalah kegiatan pengawas sekolah dalam menyusun program pengawasan, melaksanakan program pengawasan, evaluasi hasil pelaksanaan program, dan melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional guru.

“Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang guru pada pasal 15 ayat 4 dijelaskan bahwa pengawas sekolah harus melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial. Dengan demikian pengawas sekolah dituntut mempunyai kualifikasi dan kompetensi yang memadai untuk dapat menjalankan tugas kepengawasannya,” katanya.

Disamping itu katanya, pengawas profesional adalah pengawas sekolah yang melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial serta kegiatan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dengan optimal.

Selain itu lanjutnya, untuk meningkatkan profesionalisme pengawas sekolah, maka perlu dilaksanakan pengembangan profesi secara berkelanjutan dengan tujuan untuk menjawab tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks dan untuk lebih mengarahkan sekolah ke arah pencapaian tujuan pendidikan nasional yang efektif, efisien dan produktif.

Jadi katanya, begitu pentingnya peran pengawas sekolah dalam memajukan mutu pendidikan, sehingga tak terasa tuntutan dan tanggungjawab yang harus dipikul pengawas sekolah juga menjadi besar pula.

“Kita menyambut baik dengan diselenggarakannya diklat fungsional sebagai bekal dan pedoman bagi pengawas sekolah dan calon pengawas sekolah di Kota Pariaman. Sehingga dapat meningkatkan kinerjanya, melaksanakan tugasnya sebagai supervisor akademik dan manajerial di sekolah yang dibinanya,” ujarnya.

Sehingga mereka para pengawas dalam pelaksanaan tugas kepengawasannya dapat berjalan secara efektif dan efisien, serta dapat melakukan pembimbingan dalam upaya peningkatan profesionalisme guru di Kota Pariaman.

“Dengan demikian, pengawas dalam melaksanakan tugas pengawasan diharapkan dapat memiliki kecermatan melihat kondisi sekolah, ketajaman analisis dan sintesis, ketepatan dan kreatifitas dalam memberikan treatment (pendampingan) yang diperlukan, dan kemampuan berkomunikasi yang baik dengan setiap individu di sekolah,” ujarnya.

Kemudian katanya, peserta harus dapat menjadi diklat ini sebagai laut yang penuh dengan ilmu. Timbalah sebanyak-banyaknya, agar tidak hanya sekedar mendapatkan sertifikat semata, tapi mampu membuat sebuah terobosan dan inovasi baru, terhadap dunia pendidikan di Kota Tabuik ini. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*