Wako Riza Falepi Bawa PT Pertamina  Bakti Sosial ke Payakumbuh

Asisten 1 Yoherman pimpin rapat persiapan kegiatan bakti sosial operasi katarak, bibir sumbing, dan hernia, Selasa di Aula Lt. 3 Balaikota di Bukik Sibaluik.

Asisten 1 Yoherman pimpin rapat persiapan kegiatan bakti sosial operasi katarak, bibir sumbing, dan hernia, Selasa di Aula Lt. 3 Balaikota di Bukik Sibaluik.

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi sukses mengajak PT Pertamina melakukan bakti sosial ke Payakumbuh. Memanfaatkan CSR, PT Pertamina Bina Medika (PBM) akan membawa tim dokternya, melakukan kegiatan operasi katarak, bibir sumbing dan hernia, di RSUD dr. Adnaan WD Payakumbuh, akhir Maret mendatang. Walikota Riza Falepi mengajak warga kota dan Kabupaten Limapuluh Kota, memanfaatkan peluang ini, guna mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

Didampingi Kepala RSUD dr. Adnaan WD Payakumbuh dr. Hj. Merry Yuliesday, MARS, di Balaikota di Bukik Sibaluik, Selasa (23/2), lebih lanjut Walikota Riza Falepi menginformasikan, kegiatan bakti sosial memanfaat dana CSR Pertamina itu, tak gampang menariknya ke daerah. “Perlu alasan kuat dan sejumlah indikator untuk meyakini pihak Pertamina Jakarta. Alhamdulillah, Payakumbuh memenuhi persyaratan untuk itu,” kata walikota.

Di antaranya, atas prestasi Payakumbuh meraih penghargaan Kota Sehat sebanyak 7 kali. Tiga di antaranya, penghargaan Kota Sehat klasifikasi tertinggi, Swastisaba Wistara. Kemudian, penerima sasaran adalah warga miskin yang jumlahnya masih banyak di Payakumbuh dan Limapuluh Kota, sebut walikota.

Sebelum melakukan bakti sosial, pihak PT Pertamina bersama PT PBM akan menurunkan tim teknisnya ke Payakumbuh, guna melakukan koordinasi dengan dokter dan direktut RSUD Adnaan WD. Jadwalnya, kemungkinan dalam minggu ini juga, tambah Merry.

Menurut Walikota Riza Falepi, warga miskin penderita katarak, bibir sumbing dan hernia dari daerah tetangga Limapuluh Kota, perlu dibawa serta memanfaatkan peluang pelayanan kesehatan ini. “Mereka adalah keluarga atau dunsanak kita juga,” sebut Riza falepi.

Pesertanya,  diutamakan bagi  mereka yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS atau yang tak tercatat sebagai penerima Kartu Sehat Indonesia (KSI). Makanya, dari sekarang, warga miskin bersangkutan, sudah dapat mendaftarkan diri pada kantor kelurahan/kantor desa atau kantor walinagari, untuk penderita katarak.

Sedangkan, penderita bibir sumbing dan hernia, langsung mendaftar di RSUD Adnaan WD Payakumbuh, dengan membawa surat keterangan miskin dari kepala kelurahan/kepala desa atau walinagari masing-masing. Pelayanan kesehatan itu,  untuk 200 penderita katarak, 30 orang bibir sumbing dan 50 buat penderita hernia.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, mengimbau seluruh jajaran RSUD dr. Adnaan WD dan jajaran Dinas Kesehatan Payakumbuh, untuk melakukan sosialisasi kegiatan ini kepada warga kota dan masyarakat desa di Limapuluh Kota. Harapannya, kuota yang ditargetkan PT Pertamina itu terpenuhi, sehingga memberikan dampak positif kepada masyarakat luas, simpul walikota.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas