Wako Serahkan Bantuan Rehab Rumah Gakin

bantuan-rehab-rumah
Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Walikota Hendri Arnis memberikan sosialisasi sekaligus menyerahkan bantuan Kementrian Sosial RI berupa dana rehabilitasi rumah tidak layak huni Rp. 10 juta duntuk 110 keluarga miskin (gakin) yang ada di Kota Padangpanjang.

Advertisements

Sosialisasi dan penyerahan bantuan secara simbolis dilangsungkan di Kelurahan Kampung Manggis, Padangpanjang Barat. Hadir pada kesrmpatan itu Kadis Nakertrans Yas Edizarwin, Kakan Pemberdayaan Masyarakat Yunengsih, Camat Rudi Suarman beserta tokoh masyarakat setempat.

Bantuan untuk 110 keluarga ini terbagi di Padangpanjang Timur 71 keluarga dan di Padangpanjang Barat 39 keluarga. Kepada penerima bantuan, Walikota menekankan supaya bantuan itu digunakan sepenuhnya untuk membeli bahan material yang harus digunakan untuk rehab rumah.

“Gunakanlah bantuan ini sebaik baiknya deduai aturan. Jangan sampai bantuan ini tidak bermanfaat atau dia sia,” kata Hendri.
Dikatakan, bantuan bagi keluarga miskin yang mempunyai rumah tidak layak huni, adalah satu upaya menekan angka kemiskinan. Dengan menempati rumah yang layak, tentunya juga akan memotifasi keluarga miskin semakin meningkatkan ekonominya.

“Ini salah satu bentuk perhatian dari pemerintah dalam upaya menanggulangi angka kemiskinan, apabila rumah yang ditempati sudah layak huni dan memenuhi standar kesehatan, tentunya pemilik rumah juga akan semakin berupaya untuk meningkatkan ekonominya,” ungkap Wako.

Ditambahkan, untuk mendapatkan bantuan sosial rehabilitasi rumah tidak layak huni di Kota Padangpanjang, telah dilakukan survey terhadap rumah yang sudah didata dengan mengecek atap, lantai dan dinding (Aladin) rumah bersangkutan. Termasuk sarana lingkungan lainnya.

“Karena bantuan yang diberikan senilai Rp.10 juta/ orang dalam bentuk bahan atau barang, calon penerima tentunya harus membuat anggaran biaya sesuai besaran bantuan, agar sesuai dengan kebutuhan untuk itu harus direncanakan sematang mungkin, agar rehabilitasi rumah benar-benar sesuai dengan kebutuhan,” ungkapnya.

Dana tersebut diluar biaya upah, Wako mengajak masyarakat sekitar rumah calon penerima bantuan, untuk bersama-sama bergotong royong agar rehabiliatsi rumah keluarga miskin tersebut dapat terwujud sesuai dengan perencanaan dan dengan keswadayaan.
Dari data Dinas Sosial Kota Padangpanjang bantuan Kementrian Sosial tersebut dengan jumlah total Rp.1,1 miliar rupiah, masing-masing keluarga miskin menerima Rp.10 juta dan membentuk 15 kelompok, dengan anggota 5 sampai 10 orang.

“Bahan atau barang akan diserahkan setelah penerima menyerahkan RAB kepada Dinas Sosial, pelaksanaan rehabilitasi rumah tidak layak huni direncanakan 1 September mendatang dengan pelaksanaan 30 hari kerja,” tuturnya. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*