Walau Malam yang Diguyur Hujan, Wabup Asyirwan Yunus Jemput Jemaah Haji Limapuluh Kota

 Wakil Gubernur Muslim Kasim menyerahkan bendera rombongan CJH Lima Puluh Kota kepada Wakil Bupati Asyirwan Yunus di aula asrama haji embarkasi Padang.

Wakil Gubernur Muslim Kasim menyerahkan bendera rombongan CJH Lima Puluh Kota kepada Wakil Bupati Asyirwan Yunus di aula asrama haji embarkasi Padang.

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat, yang juga Sekretaris PPIH Embarkasi Padang Tahun 1435H /2014 M, H.Syamsuir,S.Ag,M.Si menilai Wakil Bupati Limapuluh Kota Drs.H.Asyirwan Yunus,M.Si merupakan kepala daerah yang sangat peduli dengan masyarakatnya yang menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah. Untuk tahun ini tercatat sebagai kepala daerah yang satu-satunya yang mengantar langsung Calon Jemaah Haji (CJH) dari daerahnya ke Asrama Haji Embarkasi Padang serta menjemput langsung Jemaah Hajinya ke Bandara Internasional Minang Kabau, Sabtu (25/10).

“Ini membuktikan adanya kepedulian pemimpin di daerah itu terhadap warganya yang akan menunaikan ibadah haji. Wakil Bupati Limapuluh Kota Bapak Asyirwan Yunus, adalah satu-satunya Kepala Daerah di Sumatera Barat ini yang menyemput langsung jemaah hajinya, walau dinihari yang diguyuri hujan, terlihat langsung menyambut dan menyalami jemaah hajinya begitu turun dari pesawat garuda kloter 12 di bandarara Internasional Minangkabau,” ujarnya yang disambut tepuk tangan, dan ucapan kalimah “Allahu Akbar para jemaah haji asal Kabupaten Limapuluh Kota waktu acara serah terima jemaah haji dari Propinsi Sumbar kepada Pemkab Limapuluh Kota

Jemaah haji Kabupaten Limapuluh Kota diserahkan Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim bersamaan dengan penyeraah jemaah haji Kabupaten Tanah Datar,dan Kota Padang, yang sama-sama bergabung dalam kloter XII. Wabup ke BIM didampingi Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Limapuluh Kota Gusman Piliang, dan Kabag Humas dan Protokoler Setkab Muhamad S, S.Pd. Walau dalam suasana hujan yang lebat, sekitar jam 23.00 WIB pesawat Garuda yang membawa jemaah haji kloter XII yakni dari Kabupaten Limapukuh Kota, Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang. Terlihat hanya Wabup Limapuluh Kota yang langsung berhujan-hujan meyambut turunnya jemaah haji dari pesawat, sedangkan dari Tanah Datar dan Kota Padang hanya diwakili Kepala Kemenag dan Kabag Kesranya.

Syamsuir dalam kesempatan juga menyebutkan bahwa CJH Kabupaten Limapuluh Kota yang berangkat menunaikan rukun Islam yang kelima sebanyak 243 orang yang terdiri dari 96 orang laki-laki dan dan 147 orang perempuan. Alhamdulillah pulang dengan menyandang haji mabrur dalam keaadaan utuh sebanyak 243 orang. Sedangkan tiga orang yang dikabari sakit sesampai di Tanah Air, hanya akibat kelelahan dan setelah pulih mereka telah kembali ke Kabupaten Limapuluh Kota bersama rombongan.

Dalam kesempatan itu, Wabup juga menyempatan diri untuk membezuk jemaah haji yang kelelahan tersebut di ruang rawat embarkasi asrama haji Padang. Mereka yang mengalami kelelahan tersebut yakni Ruslan 72 th asal Taeh kec Payakumbuh, Nurmayulis 86 th, asal Koto Tongah, Bukit Barisan dan Kadijah 80 th, asal Batubalang Kecamatan Harau.

Jemaah terbanyak berasal dari Kecamatan Payakumbuh sebanyak 48 orang disusul dari Kecamatan Guguak 47 orang. Sedangkan jemaah tertua bernama Muhammad Rusyid Bin Radian (85 tahun) asal Lubuak Batingkok Kecamatan Harau dan yang termuda Livia Barati Rispa (22 tahun) dari Kecamatan Guguak.

Rombongan jemaah daerah ini, lanjut Gusman, masuk ke dalam gelombang ke dua kloter 12.
Berbeda dengan waktu sebelumnya, tahun ini semua biaya transportasi dan konsumsi keberangkatan dan kepulangan jemaah dari Kabupaten Lima Puluh Kota hingga ke Kota Padang akan ditanggung Pemkab Lima Puluh Kota.

“Kita sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Pemkab Lima Puluh Kota yang telah menanggung biaya keberangkatan dan kepulangan jemaah dari daerah ini ke Padang,” papar Gusman.

Penyambutan dan penerimaan jemaah haji itu ikut dihadiri Wagub Muslim Kasim, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Limapuluh Kota Gusman Piliang, Kabag Kesra H.Karespi,S.Ag dan Kabag Humas dan Protokolet Muhamad S. (malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*