Wali Nagari Khairul Apit Rela jadi Operator Alat Berat

Wali Nagari Khairul Apit Rela jadi Operator Alat Berat

Wali Nagari Khairul Apit Rela jadi Operator Alat Berat

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Sangat beruntung rasanya Kenagarian Pandan Gadang Kecamatan Suliki Kabupaten Limapuluh Kota memiliki seorang Wali Nagari  kreatif dan inovatif dan selalu mengedepankan kepentingan rakyatnya. Telah berapa banyak kegiatan yang dilakukan Wali Nagari inovatif ini demi menunjang perekonomian masyarakatnya.

Yang paling menonjol adalah diadakannya Kontes Batu Akik se-Sumatera Barat yang membuat nama dan harga batu akik asli Suliki melambung ke tingkat nasional dan menjadi perbincangan di kalangan pecinta Batu Akik.

Sehabis dekade Batu Akik, saat ini sang Wali Pandan Gadang ini konsentrasi membangun infrastuktur untuk Nagari Pandan Gadang yang saat ini sedang dilakukan pembukaan lahan jalan pertanian yang baru di beberapa tempat di Pandan Gadang.

Baru-baru ini Wali Nagari Khairul Apit terlihat tengah mengoperasikan alat-alat berat mengais tanah untuk pembukaan jalan lingkar utara Nagari Pandan Gadang di Jorong Koto Panjang sepanjang 7 kilometer melewati perkampungan dan perbukitan menuju lahan pertanian masyarakat yang selama ini sangat kesulitan membawa hasil pertanian mereka ke jalan yang biasa dilalui kendaraan.

Menurut sang Wali Nagari, pembuatan jalan ini didanai dengan dana ADD yang untuk alokasi proyek jalan lingkar utara sebanyak 100 juta  rupiah yang telah memdapatkan persetujuan dari Bamus Kenagarian Pandan Gadang.

Kemudian, jelas Khairul Apit, bila hanya mengandalkan dana ADD ini, mungkin pancapaian proyek tidak akan sampai sepanjang itu lantaran begitu sulitnya medan di lapangan, serta melibatkan tanah masyarakat yang dengan suka-rela mereka mau menyerahkan tanah tersebut demi kelancaran proyek.

“Dan kalau kita kalkulasikan semuanya dengan uang jelas-jelas proyek ini tidak akan terlaksana,” terangnya.

Namun, ditambahkannya, berkat kerjasama  dan koordinasi yang baik dengan seluruh perangkat Nagari dan tokoh masyarakat Pandan Gadang, maka proyek ini terlakasana dan bahkan ada beberapa kawasan pekerjaan yang diswadayakan dengan masyarakat sebagai bukti keikutsertaan masyarakat dalam  mendukung pembangunan jalan lingkar utara Nagari Pandan Gadang ini.

“Kemudian kita berharap dengan telah selesainya pembukaan jalan ini, maka perekonomian masyarakat tempatan akan meningkat dan mempermudah masyarakat mengangkut hasil kebun mereka ke pasar,” tambah Wali Nagari.

Sementara itu, alat yang dipergunakan adalah hasil lobi yang baik dengan pemilik alat berat, sehingga tidak terlalu banyak mengeluarkan kos untuk pembuatan jalan.

“Makanya, saya selaku Wali Nagari memang langsung turun tangan mengoperasikan alat ini supaya  pemeliharaan dan kualitas kerja dapat dipertanggungjawabkan,” tutupnya sambil berlalu menuju alat berat.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*