Walikota, Ketua DPRD, Dandim dan Kapolresta di Hari Pahlawan “Jasa Pahlawan Itu Tak Terbalaskan”

Walikota Riza Falepi bersama Kapolresta AKBP Yuliani dan anggota Muspida lainnya, saat lakukan tabur bunga di Jembatan Ratapan Ibu ketika acara peringatan Hari Pahlawan 2012.
PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.com-Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Dandim 0306/50 Kota Letkol. Inf. Trisno Widodo dan Kapolresta Payakumbuh AKBP Yuliani, SH, tampak berkaca-kaca matanya. Keempatnya, tampak sedih, ketika diminta mendampingi walikota menyerahkan bingkisan berupa amplop berisi uang kepada dua mantan pejuang Payakumbuh, yang telah berusia lanjut, usai menjadi Irup pada peringatan Hari Pahlawan Tahun 2014, di halaman Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Senin (10/11).

Advertisements

“Jasa pejuang itu tak akan terbalaskan oleh siapaupun juga. Hanya bisa dibayar dengan memelihara semangat pengorbanan dan perjuangan mereka, untuk melanjutkan cita-cita kemerdekaan ini, dengan berbagai kegiatan pembangunan. Memperingati hari pahlawan 10 November, akan lebih bermakna, dengan menghormati jasa pejuang itu untuk negeri ini. Kalau air mata ini jatuh ke bumi, karena kita belum banyak berbuat untuk negeri ini, seperti dilakukan para pejuang kemerdekaan itu,” sebut Riza mewakili anggota Muspida Payakumbuh itu.

Untuk itu, walikota mengajak warga kota, untuk menghormati jasa pahlawan serta mewarisi nilai-nilai perjuangan dalam melanjutkan pembangunan kota ini. Payakumbuh butuh warga yang punya semangat juang yang tinggi dalam membangun kota ini, tegasnya.

Kedua mantan pejuang yang berusia lanjut itu, sengaja dihadirkan dalam upacara memperingati Hari Pahlawan didampingi keluarganya. Keduanya Jarki dan Yunir A yang telah berusia di atas 80 tahun.

Peringatan Hari Pahlawan di Payakumbuh, selain diikuti PNS, TNI/Polri, ratusan pelajar SLTP/SLTA, mahasiswa, KNPI, Ormas dan OKP, juga diikuti anggota Muspida lainnya, seperti Kajari diwakili Kasi Intel Mursal, SH, Ketua Pengadilan Negeri Yudissilen, SH, Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis, Kepala Kantor Kementerian Agama, sejumlah pimpinan SKPD dan kepala sekolah. Pada upacara ini, Walikota Riza membacakan amanat tertulis Mensos RI.

Usai upacara, Walikota Riza Falepi bersama anggota Ketua DPRD Dt. Parmato Alam, anggota Muspida, perwira TNI/Polri dan pimpinan SKPD, ziarah dan tabur bunga di Jembatan Ratapan Ibu di Jalan A. Yani Payakumbuh serta di Taman Makam Pejuang di Kelurahan Balai Jariang Koto nan Gadang, Payakumbuh Utara.

Kapolresta Payakumbuh Yuliani memimpin acara tabur bunga di Jembatan Ratapan Ibu. Sedangkan, Dandim 0306/50 Kota Trisno Widodo memimpin acara tabur bunga di Taman Makam Pejuang di Kelurahan Balai Jariang Koto nan Gadang.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*