Walikota Genius Umar, Peringati Hari Pahlawan Diharapkan Akan Lebih Menghargai Jasa dan Pengorbanan Pahlawan

Padang-today.com__Walikota Pariaman, Genius Umar pimpin pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November di Halaman Kantor Balaikota Pariaman, Minggu (10/11) pagi.

Wako Genius, dalam pidatonya mengatakan kemerdekaan yang kita rasakan saat ini, bukanlah datang dengan sendirinya, melainan memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

” Bahkan meskipun Indonesia telah mencapai kemerdekaanya pada tanggal 17 agustus 1945, bangsa Indonesia masih harus berjuang untuk mempertahankan kemerdekaanya dari upaya bangsa asing yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia, sebagaimana yang terjadi pada Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya,” kata Walikota Genius Umar.

Dengan Peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa “Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar.

Selain itu, tambah Genius dalam sambutan Menteri Sosial RI yang dibacakannya, menyatakan dengan peringatan Hari Pahlawan ini, kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”.

” Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat,” kata dia.

Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan Masa Kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia.

Rangkaian upacara tersebut juga di hebohkan dengan pertunjukan aksi Polisi Cilik (Pocil) binaan Kapolres Pariaman yang mana para Pocil tersebut merupakan perwakilan siswa-siswi SD se-Kota Pariaman.

Upacara dihadiri juga oleh Wawako Mardison Mahyuddin, Ketua DPRD Fitri Nora, Kapolres Pariaman AKBP. Andry Kurniawan, Dandim 0308 Pariaman Letkol Arm. Heri Pujianto, Sekdako Indra Sakti, Ketua TP-PKK Ny. Lucy Genius, Ketua GOW Ny. Indriati Mardison, Ketua Dharmawanita Ny. Kartini Indra, serta Forkopimda Kota Pariaman, Perwakilan Veteran pejuang kemerdekaan RI, Kepala OPD dengan peserta upacara dari TNI, Polri, ASN Pemko Pariaman dan perwakilan siswa-siswi SMA se-Kota Pariaman.(herry suger)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas