Walikota Harapkan, KKN Tematik Unand Dapat Kembangkan Potensi Limau Manih

Walikota Padang  H. Mahyeldi Ansharullah penanam pohon buah-buahan bersama Dosen dan mahasiswa Unand, Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan, dan Kehutanan, Camat serta lurah se-Kecamatan Pauh.

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah penanam pohon buah-buahan bersama Dosen dan mahasiswa Unand, Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan, dan Kehutanan, Camat serta lurah se-Kecamatan Pauh.

Padang, PADANGTODAY.com-Universitas Andalas (Unand) dalam mengembangkan daerah – daerah di sekitarnya dengan memilih Kelurahan Limau Manih Selatan Kecamatan Pauh sebagai tempat Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik mahasiswanya, disambut baik Pemerintah Kota Padang. Upaya tersebut diyakini akan membawa dampak positif dalam proses pemberdayaan masyarakat, sekaligus menjadi ajang bagi mahasiswa untuk belajar di lapangan.

H. Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan, penetapan Kelurahan Limau Manih Selatan Kecamatan Pauh sebagai lokasi KKN Tematik Unand sangat cocok, disamping berada di sekitar kampus Unand, kelurahan ini sebagian besar wilayahnya adalah daerah pertanian yang masih perlu dikembangkan. “Apalagi Gubernur Sumbar beberapa waktu lalu telah menetapkan kawasan hutan di kelurahan ini sebagai kawasan hutan manggis.

“Sehingga kita berharap Unand bisa mewujudkannya, dan menggali potensi lainnya melalui KKN Tematik ini,” ujar Walikota pada acara penerimaan mahasiswa KKN Tematik Unand sekaligus memperingati Hari Gizi Nasional di Masjid Nurul Islam Kelurahan Limau Manih Selatan, Minggu, (25/1).

Kegiatan ini diharapkan dapat membawa multi manfaat, baik bagi masyarakat maupun mahasiswa Unand yang mengikuti KKN. “Kami berharap, Unand juga melirik lebih luas ke beberapa kelurahan lain di Kota Padang yang masih membutuhkan pembinaan. Baik pembinaan bidang pertanian, Peternakan, Perkebunan, Perikanan, kesehatan masyarakat, pembinaan keterampilan maupun bidang lain yang dapat memberdayakan masyarakat,” Ujar Mahyeldi.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unand, Rifwandi, katakan, pihak kampus memilih Limau Manih Selatan sebagai daerah binaan sekaligus tempat KKN tematik berdasarkan komunikasi yang telah terjalin dengan Lurah dan Camat. “Disamping itu, sebagai wujud dari keinginan kami dari Unand untuk menggandeng daerah di sekitar kampus lebih berkembang dan maju dalam berbagai bidang,” ungkap Rifwandi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, Kegiatan KKN Tematik akan berlangsung selama lebih kurang 45 hari, yaitu hingga 28 Februari mendatang. Mereka berasal dari semua jurusan. ” Berjumlah 40 orang dari Kedokteran, Pertanian, Teknik, Ekonomi, FMIPA, dan lain-lain,” jelasnya.

Melalui KKN ini, kata Rifwandi, selain mereka belajar di lapangan, mereka akan mempraktekan ilmunya. Sehingga terjadi proses pemberdayaan kepada masyarakat. ” Dengan demikian, kehidupan masyarakat di Kelurahan Limau Manih Selatan ini secara bertahap akan berubah menjadi lebih baik,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Pauh Wardas Tanjung menyebutkan, para mahasiswa ini telah melapor seminggu yang lalu di Kantor Camat. “Mereka berkomitmen untuk meningkatkan derajat kesehatan, mengembangkan lahan pertanian dan perekonomian masyarakat di Kelurahan Limau Manih,” kata Wardas.

Pada acara ini, Walikota Mahyeldi juga menyerahkan bibit sayur-sayuran dan bibit buah-buahan kepada masyarakat, dilanjutkan dengan penanaman pohon buah-buahan bersama Dosen dan mahasiswa Unand, Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan, dan Kehutanan, Camat serta lurah se-Kecamatan Pauh. (as/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas