Walikota: Jangan Sampai Ada yang Gagal Magang ke Malaysia

Walikota: Jangan Sampai Ada yang Gagal Magang ke Malaysia

Walikota: Jangan Sampai Ada yang Gagal Magang ke Malaysia

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Rencana Pemko Payakumbuh mengirim 30 putera-puteri terbaik Payakumbuh, magang ke Thailand, setelah disepakati dengan orang tua mereka, akhirnya beralih ke Malaysia. Program kerjasama Pemko Payakumbuh dengan Sahid Jaya Hotel Jakarta ini, diyakini Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi akan mampu mendorong melahirkan pemuda terampil untuk bekerja di luar negeri.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi di depan 30 peserta yang tengah mengikuti  pembekalan tentang perhotelan dan pariwisata, di SMKN 3 Payakumbuh, Selasa (23/8),  hadir memberikan motivasi, agar ke-30 peserta Diklat Perhotelen dan Pariwisata tersebut, siap menjadi tenaga kerja yang siap pakai. “Saya berharap, jangan ada di antara peserta yang gagal terbang ke Malaysia,” tegas walikota.

Diklat Perhotelan dan Pariwisata kerjasama pemko dengan Sahid Jaya Hotel Jakarta itu, sepenuhnya dibiayai dengan APBD Payakumbuh 2016. Kecuali, biaya uji kompetensi pasca diklat, sebesar Rp2,5 juta, menjadi beban para orang tua. Hasil uji kompetensi itu akan menentukan untuk memberangkatkan peserta diklat untuk magang ke Malaysia, selama 6 bulan.

Walikota Riza Falepi, mengingatkan, agar seluruh peserta diklat memanfaatkan peluang ini. Karena, selama di Malaysia peserta diklat akan ditempatkan pada sejumlah hotel berbitang lima di Kuala Lumpur. Tidak tertutup kemungkinan, usai magang, pihak hotel langsung merekrut tenaga terampil tersebut bekerja di Malaysia. “Peluang ini harus kita tangkap,” ungkap Riza Falepi.

Staf Ahli Walikota Payakumbuh Bidang Pemerintahan dan SDM,  Dra. Hj. Ruslayetti, M.Pd, mengatakan, perhatian peserta dan orang tua mereka untuk kegiatan Diklat Perhotelan dan Pariwisata ini, sangat tinggi. Sejak diklat dimulai 8 Agustus 2016, banyak kemajuan yang diperoleh peserta, dalam menyerap ilmu perhotelan dan kepariwisataan. Termasuk, kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris,” sebut Ruslayetti.

Dikatakan,  tindak lanjut kerjasama Pemko Payakumbuh dengan Sahid Jaya Jakarta yang disepakati, Mei lalu, tidak hanya  melahikan SDM profesional dibidang kepariwisataan dan perhotelan, tapi juga merencanakan membuka perguruan tinggi pariwisata di kota ini.

Pihak Sahid juga menjanjikan memberikan beasiswa kepada mahasiswa terbaik. Tamatan Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid, akan memperoleh ijazah dan sertifikat. Sertifikat yang dikeluarkan Sahid, merupakan jaminan untuk bekerja pada hotel-hotel berbintang di Asean, jelas Ruslayetti.(rel/Dodi Syaputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*