Walikota Lantik Pengurus KAN Koto Nan Gadang, Ketua Andra Roza Putra Dt Patiah Baringek

Wako Riza Falepi Dt. Rajo Ka Ampek Suku melantik pengurus KAN Koto Nan Gadang periode 2016-2021(1)

Wako Riza Falepi Dt. Rajo Ka Ampek Suku melantik pengurus KAN Koto Nan Gadang periode 2016-2021(1)

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Walikota Riza Falepi Dt. Rajo Ka Ampek Suku mengukuhkan pengurus Kerapatan Adat Nagari Koto Nan Gadang,  periode 2016-2021, bertempat di halaman   Kantor KAN Koto Nan Gadang, di Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara,  Rabu (27/4).

Kerapatan Adat Nagari Koto nan Gadang itu, dipimpin Andra Roza Putra Dt. Patiah Baringek, menggantikan Heri Iswandi Dt. Rajo Muntiko Alam yang telah menjabat sejak tahun 2010 hingga 2015 yang lalu.

Pengukuhan pengurus KAN Koto Nan Gadang itu, dihadiri  puluhan ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang dan anak kemenakan nagari Koto Nan Gadang. Turut hadir Ketua DPRD Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam, Ketua LKAAM Payakumbuh W. Dt. Paduko Bosa Marajo, Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi, serta Kabag Kesra Devitra.

Dalam sambutannya,  Walikota Riza Falepi meminta  pengurus KAN Koto Nan Gadang yang baru, mampu saling bersinergi dengan pemerintah dalam upaya membangun Kota Payakumbuh yang lebih madani.

Sesuai dengan azas adat Minangkabau, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, pemerintah bersama unsur Kerapatan Adat  Nagari yang ada di Payakumbuh, khususnya Koto Nan Gadang, bisa bersama-sama dengan Pemko membina anak kemenakan menjadi generasi penerus yang bisa diandalkan, baik dari segi aklaknya maupun segi ilmunya, sesuai dengan falsafah adat Minangkabau.

Kita berharap, pelantikan pengurus KAN bukan hanya sebagai formalitas semata. Dimana setiap periode terus berganti kepengurusannya, tanpa ada perubahan dalam menata kehidupan adat istiadat di lingkungan nagari. Pengurus KAN harus bisa membina anak kemenakan sesuai dengan adat Minangkabau.

Banyak anak kemenakan kita yang saat ini telah jauh melenceng dari norma-norma adat yang kita pegang. Hal inilah yang harus kita ubah bersama. “Mari bersama-sama menciptakan Payakumbuh yang berlandaskan pada adat Minangkabau, sesuai dengan azas yang kita pegang,” kata Walikota.

Dalam pelantikan ini, turut dilantik Dewan Pertimbangan Adat yang diketuai oleh HI. Dt. Rajo Muntiko Alam, Sekretarisnya M. Dt. Rangkayo Boso dan beranggotakan 20 orang. Dewan Hakim Perdamaian Adat diketuai oleh HFU. Dt. Tuah Nan Basango, Sekretarisnya DJ. Dt. Tumbi Nan Mangiang serta 6 orang Hakim Adat dan 3 orang Panitera Adat.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*