Walikota Letakkan Batu Pertama Kantor Lurah Kubu Gadang

Peletakan batu pertama pembangunan Kantor Kelurahan Kubu Gadang, Koto nan Ampek di Kecamatan Payakumbuh Utara oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Rabu (27/7).

Peletakan batu pertama pembangunan Kantor Kelurahan Kubu Gadang, Koto nan Ampek di Kecamatan Payakumbuh Utara oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Rabu (27/7).

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Pembangunan Kantor Kelurahan Kubu Gadang, Koto nan Ampek di Kecamatan Payakumbuh Utara dimulai. Diawali dengan peletakan batu pertamanya oleh Walikota H. Riza Falepi bersama Ketua LPM N. Dt. Asa dalam acara di lokasi proyek di kelurahan setempat, Rabu (27/7).

Peletakan batu pertama pembangunan kantor kelurahan tersebut, dihadiri Asisten I Setdako Yoherman, SH, S.Sos,  Camat Payakumbuh Barat Nurdal, S.Sos, Lurah Kubu Gadang Ibrahim, S.Sos dan sejumlah tokoh masyarakat dan warga setempat.

Pembangunan kantor kelurahan di atas tanah seluas 600 meter itu, dananya belum tersedia dalam  APBD Payakumbuh 2016. Baru akan diusulkan dalam APBD 2017. Tapi, warga setempat mendesak Pemko agar peletakkan batu pertamanya dapat  dilakukan dari sekarang. Masyarakat tak ingin, Pemko dan DPRD lupa menganggarkan dana pembangunan kantor kelurahan ini dalam tahun anggaran mendatang.

“Kita tak ingin, pembangunan kantor kelurahan yang sudah menjadi skala prioritas kelurahan, kecamatan dan kota ini, hilang begitu saja. Makanya, warga berpartisipasi membuat acara peletakkan batu pertama pembangunan kantor kelurahan ini. Tahun depan, kalau dananya sudah ada, dapat dilanjutkan pembangunannya,” sebut Ketua LPM Dt. Asa yang didukung oleh camat dan lurah setempat.

Dukungan warga setempat bukan saja menyediakan tanah buat lokasi kantor kelurahan, tapi juga menyerahkan tanah buat jalan menuju kantor kelurahan itu, sepanjang 10 meter dengan luas badan jalan 6 meter.

“Tanah milik kaum Dt. Basa Diateh itu, diberikan tanpa meminta ganti rugi,” jelas Lurah Ibrahim.

Walikota Riza Falepi dalam sambutannya memberikan apresiasi dengan semangat warga Kubu Gadang untuk mendapatkan kantor kelurahannya yang lebih representatif. Pasalnya, kantor kelurahan yang sekarang yang juga merupakan pinjaman kantor jorong setempat, sudah lebih 35 tahun ditempati aparatur kelurahan Kubu Gadang dan dinilai sudah tak layak lagi.

Menurut Walikota, Pemko akan berusaha menyediakan dana buat pembangunan kantor kelurahan Kubu Gadang tahun depan. Dengan harapan, seluruh jajaran kelurahan tetap meningkatkan kinerja, meningkatkan pelayanan, serta selalu bersinergi dengan LPM dan stakeholder lainnya dalam memacu pembangunan di Kubu Gadang.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*