Walikota Padang, Akui Masih Terdapat Kekurangan Pelayanan Dipuskesmas dan Pustu

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah.

Advertisements

PADANG, PADANGTODAY.com-Pemerintah Kota Padang mengakui masih terdapat kekurangan dalam pelayanan kesehatan. Buktinya banyak keluhan dari masyarakat yang berurusan di Puskesmas dan Pustu.

Hal itu diakui Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah saat puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50, Tahun 2014 Tingkat Kota Padang di GOR H. Agus Salim, Sabtu (15/11).

“Disamping beberapa capaian dalam peningkatan kesehatan tersebut, kita juga harus menyadari masih ada kekurangan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat,” ujar Walikota.

Ia menambahkan, hal itu ditandai masih ada keluhan warga terkait pelayanan, baik di puskesmas dan pustu maupun di RSUD.” Namun saya yakin, dengan tekad yang sungguh – sungguh Pemko, khususnya Dinas Kesehatan dan jajaran secara berangsur pasti akan dapat memenuhi harapan masyarakat,” imbuhnya.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang drg. Eka Lusti mengungkapkan, sebanyak 22 Puskesmas yang tersebar di sebelas kecamatan saat ini sudah berbenah terkait pelayanan dan memenuhi indikator. “Kita selalu pantau laporan dari setiap puskesmas dan pustu. Hasilnya menunjukkan setiap bula terlihat grafik naik dalam hal melayani masyarakat,” kata Eka.

Disamping itu, tambahnya, setiap ada pengaduan dan komplain dari masyarakat yang kurang mendapatkan pelayanan, maka secepatnya ditindaklanjuti.

Adapun indikator keberhasilan capaian kesehatan masyarakat, menurut Eka, diantaranya, adanya kebijakan publik yang berwawasan kesehatan, mudahnya akses kepelayanan kesehatan, ketersediaan obat, penanggulangan penyakit.

“Kemudian masyarakat ters melakukan upayapromotif dan preventif. Terciptanya lingkungan yang sehat, masyarakatnya berperilaku hidup bersih dan sehat. Lalu masyarakat juga mendapatkan Jaminan Kesehatan Nasional,” ulasnya.

Pada peringatan “tahun emas” HKN Kota Padang ini, bebagai hadiah juga dibagikan buat para pemenang lomba, Yaitu, Lomba Penerapan Kawasan Anti Rokok dimenangkan Kecamatan Bubgus Teluk Kabung, pemenang II Padang Timur, dan pemenang III Lubuk Kilangan.

Selanjutnya, Lomba K3 Puskesmas pemenang I Puskesmas Lubuk Buaya dan Lomba K3 Pustu Pemenang I Pustu Tabing Banda Gadang.

Selain itu juga ada Lomba Aerobic antar Pskesmas yang dimenangkan Puskesmas Ambacang, pemenang II Puskesmas Lapai, pemenang III Puskesmas Subarang Padang.(dil/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*