Walikota Padang H.Mahyeldi Ansharullah Terima Penghargaan

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno serahkan penghargaan kepada Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno serahkan penghargaan kepada Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah.

Advertisements

Padang, PADANGTODAY.com-Puncak Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2014 tingkat Provinsi Sumbar di pusatkan di lingkungan Poli Teknik Lingkungan Unand, Kota Padang. Dihadiri para Walikota dan Bupati se Sumatera-Barat. Kota Padang menerima penghargaan lomba menanam satu milyar pohon tingkat sumbar kategori kota tingkat Sumbar yang diserahkan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno kepada Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, SP serta langsung pula menanam pohon penghijauan di lingkungan Unand, Rabu (10/12/2014).

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, SP mengemukakan, Padang sebagai ibukota Provinsi Sumbar memiliki luas hutan 36.210 Ha yang terdiri dari hutan Suaka Alam, hutan Lindung, hutan Produksi dan jenis hutan lainnya sesuai dengan fungsinya. Jadi, sesuai himbauan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI pada peringatan HMPI tingkat nasional di Wonogiri, Jawa Tengah supaya Gubernur dan Walikota/bupati terus mendukung dan memfasilitasi pengembangan serta keberlangsungan Hutan Kemasyarakatan (HKM), Hutan Taman Rakyat (HTR), pola kemitraan hutan rakyat.

Sehubungan dengan itu Pemerintah Kota Padang melalui Dipernakbunhut Kota Padang sejak akhir tahun 2013 telah memulai proses pembentukan hutan kemasyarakatan (HKM) di lima lokasi, 2 lokasi di Kecamatan Koto Tangah, 2 lokasi di Kecamatan Pauh, 1 lokasi di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, sebut Walikota H. Mahyeldi.

Sedangkan sesuai dengan tujuan tema hari puncak HMPI tahun 2014, untuk lebih membangkitkan semangat, memotivasi dan membudayakan seluruh masyarakat untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan melalui rehabilitasi hutan dan lahan kota Padang. tahun 2013 telah menanam penghijauan sekitar 465.000 batang. Pada tahun 2014 jumlah penanaman pohon penghijauan meningkat yakni 521.000 batang ditambah 25.000 batang di Kebun Bibit Rakyat, dan 125.000 batang untuk rehabilitasi hutan dan lahan. Penanaman berlokasi dilahan kosong, hutan lindung, pinggir pantai, dilingkungan pemukiman masyarakat dan di fasilitas umum. Penanaman di lakukan secara swadaya oleh masyarakat maupun melalui program kerja/kegiatan Dipernakbunhut.

Kepala Dipernakbunhut Kota Padang Ir.Heriyanto Rustam juga menyampaiakan, sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia bahwa setiap tahun pada tanggal 28 November dilakukan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, dengan tema “Hutan Lestari Untuk Mendukung Kedaulatan Pangan, Air dan Energi Terbarukan”, yang merupakan salah satu program prioritas Kabinet Kerja 2014 – 2019.

Kesinambungan keberadaan dan kualitas hutan berkorelasi dengan kesinambungan dan kenyamanan hidup manusia. Hutan dengan kualitas yang baik juga akan membuat manusia yang hidup didekatnya lebih nyaman. Karena hutan yang berkualitas baik akan meninimalisir terjadinya bencana alam, kualitas udara dan air bersih serta memiliki panorama yang menyejukkan hati dan mata. (dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*