Walikota Payakumbuh Buka Kegiatan Sosialisasi LK3

Ilustrasi: Walikota Riza Falepi melantik Dewan Pengurus Payakumbuh, di aula Balaikota, Selasa (2/8/2016).

Ilustrasi: Walikota Riza Falepi melantik Dewan Pengurus Payakumbuh, di aula Balaikota, Selasa (2/8/2016).

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Walikota Payakumbuh, diwakili Staf Ahlinya Dafrul Pasi, membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) diikuti 80 orang peserta yang berlangsung di Aula Balaikota BukikSibaluik, Kamis (13/10) lalu.

Kegiatan Sosialisasi itu diselenggarakan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Payakumbuh, menghadirkan 4 narasumber, yakni Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat diwakili Elfita, Kadis Sosial dan Tenaga Kerja Kota Payakumbuh Idris, Ketua LK3 Payakumbuh Novanto Yudistira dan dari Tokoh Agama Yongki Otrio.

Ketua Pelaksana Joko Susilo dalam laporannya menjelaskan kegiatan sosialisasi ini berlangsung selama satu hari. Kegiatan ini diikuti sebanyak 80 orang peserta, terdiri dari Guru Bimbingan Konseling (BK), siswa SMP dan SMA sederajat se-Kota Payakumbuh dan Pengelola LK3, serta undangan lainnya.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan sosialisasi ini adalah agar para pengelola dan penerima menfaat dalam hal ini di lingkungan pendidikan/sekolah di Kota Payakumbuh memahami mekanisme kerja pelayanan LK3. Diharapkan pula ikut-serta menangani permasalahan psikososial keluarga secara dini melalui LK3,” ujar Joko.

Sementara itu, Staf Ahli Walikota Dafrul Pasi ketika membuka kegiatan ini menyebutkan seiring dengan perkembangan zaman dan adanya pengaruh modernisasi dan globalisasi yang semakin berkembang dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan keluarga. Maka dampak yang akan timbul dari kondisi ini adalah tingginya resiko permasalahan sosial, termasuk masalah keluarga.

Oleh karena itu, diharapkan LK3 yang memiliki peran yang strategis dalam penanganan masalah sosial agar menjadi media berkonsultasi bagi orang-orang yang mengalami masalah psikososial dalam keluarga. Sekaligus diharapkan pada seluruh peserta sosialisasi untuk dapat menyebarluaskan informasi tentang LK3 kepada lembaga pendidikan dan masyarakat. Sehingga LK3 benar-benar menjadi wadah konsultasi yang  pada akhirnya dapat meningkatkan taraf kesejahteraan dan ketahanan sosial keluarga.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*