Walikota Pimpin Kesiapan Desa Koto Marapak Penilaian Lomba KG-PKK-KB Kes tinkat Nasional

Mukhlis Rahman meninjau paud di desa koto marapak yang mempunyai tanaman yang asri

Mukhlis Rahman meninjau paud di desa koto marapak yang mempunyai tanaman yang asri

Advertisements

Pariaman,PADANG-TODAY.COM__Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman timur Kota Pariaman mewakili Provinsi sumatera Barat dalam Penilaian Kegiatan Kesatuan Gerak (KG)-PKK-KB-Kes tingkat Nasional tahun 2016.

Desa Koto Marapak sebelumnya mengikuti perlombaan ini di tingkat kota Pariaman dan terpilih menjadi terbaik pertama, begitupun dengan tingkat provinsi Sumatera Barat, sehingga mengantarkan Desa Koto Marapak  masuk nominasi 6 tingkat nasional Lomba KG-PKK-KB Kes Nasional, yang akan berlangsung pada tanggal 2 Mei 2016, senin mendatang.

Tim penilai dari pusat ini akan menilai mulai dari lingkungan Kantor Desa, Posyandu, Paud yang ada di desa dan kelengkapan data serta dialog dengan para kader dan posyandu yang ada di desa.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman memimpin rapat persiapan penilaian Lomba KG-PKK-KB-Kes tingkat nasional ini di kantor Desa Koto Marapak, jum’at (29/4),

Menurutnya, dalam kesiapan Desa untuk lomba ini, jangan hanya memperhatikan kebersihan dan keindahan tempat dan lokasi penunjang acara saja, tapi yang paling ditekankan oleh walikota adalah kelengkapan data-data penunjang dalam penilaian lomba tersebut dan juga peningkatan SDM para Kader PKK dan Posyandu yang ada di Desa Koto Marapak, agar memahami pekerjaan yang dilakukannya dengan sungguh-sungguh, sehingga ketika tim penilai dari pusat datang, tidak ada lagi yang menjawab tidak tahu atau alasan lainnya.

“Buat apa  penampilan Desa, Posyandu, Paud yang akan dikunjungi itu bersih, indah dan rapi, tetapi ketika ditanya juri, mereka yang bekerja di lapangan baik para kader PKK dan Posyandu dan guru Paud yang kita bina selama ini, tidak dapat menguasai bahan dan menjawab pertanyaan juri. Berarti percuma saja persiapan yang kita lakukan dengan seluruh stakeholder yang terlibat, akan menjadi sia-sia” tukasnya.

Mukhlis Rahman juga menghimbau agar dalam memelihara kebersihan desanya jangan hanya berharap dari tenaga kebersihan desa atau BLH saja, tetapi keterlibatan aktif seluruh masyarakat yang ada di desa, kalau bukan kita yang memelihara dan membersihkan desa kita, siapa lagi, dengan lingkungan bersih maka masyarakatnya akan sehat, dan dengan kesehatan seluruh masyarakat maka untuk membangun mulai dari desa sampai Kota Pariaman akan berjalan dengan baik, tutupnya.

Selanjutnya Walikota dan rombongan mengecek ke lapangan tempat-tempat yang akan dikunjungi oleh tim penilai. Dalam rapat persiapan lomba ini juga dihadiri oleh Wakil Walikota pariaman Genius Umar, Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny. Dafreni Mukhlis, Kadis BP2KB Definal, Kadis Kesehatan Bachtiar, Kadishub Kominfo Yota Balad, Kadis Pertanian Agusriatman, Kadis Sosnaker Afnil, Kepala BLH Syaiful Rizal, Kabag Humas Yalviendri, Camat Pariaman Timur Hendri, Kepala Puskesmas Padusunan Hendri, Kepala Desa Koto Marapak Marjoni para Kader Posyandu dan kader PKK Koto Marapak serta masyarakat yang hadir. (j/suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*