Walikota Riza Falepi Luncurkan Subuh Berjamaah di Payakumbuh

Wako Riza Falepi luncurkan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid Istiqamah Bulakan Balai Kandi

Wako Riza Falepi luncurkan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid Istiqamah Bulakan Balai Kandi

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Usai suksesnya pelaksanaan program Hafalan Quran dan kegiatan Pesantren Ramadhan bagi  pelajar se-Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota (Pemko) kembali  meluncurkan program pasca Ramadhan 1437 H yaitu Gerakan Solat Subuh Berjamaah (GSSB). Kegiatan tersebut diresmikan oleh Walikota Payakumbuh H Riza Falepi, Kamis (4/8) subuh yang dipusatkan di Masjid Istiqomah Bulakan Balai Kandi, Koto Nan Empat, Payakumbuh.

GSSB ini secara bersamaan dilaksanakan di 83 masjid yang tersebar pada 48 kelurahan dalam Kota Payakumbuh. Dilaksanakannya kegiatan ini, menurut Kabag Kesra Devitra, dimaksudkan sebagai tindak lanjut dari kegiatan Hafalan Quran, juga Pesantren Ramadhan bulan lalu. Sedangkan tujuannya, selain untuk meramaikan solat berjamaah dan memakmurkan masjid, juga membentuk karakter masyarakat terutama para pelajar atau generasi muda sehingga dengan diawali solat subuh berjamaah ini diharapkan kedepannya akan menjadi budaya bagi warga kota untuk melaksanakan solat lainnya secara berjamaah.

Ditambahkannya, setelah diresmikan kegiatan GSSB subuh ini, seterusnya Walikota bersama pejabat Pemko secara maraton setiap Minggu akan mengunjungi masjid-masjid untuk melaksanakan solat subuh berjamaah bersama warga kota lainnya.

Launching GSSB ini sendiri diawali dengan kultum yang disampaikan Ustad Darius S.Ag dari Kantor Kemenag yang isi penyampaiannya menguraikan seputar keistimewaan solat subuh berjamaah guna mendekatkan diri dengan masjid agar mendapat hidayah Allah.

Turut hadir dalam kesempatan ini Kadisdik Hasan Basri, Kepala Kantor Kemenag diwakili Darius, pimpinan SKPD, camat, lurah, para kepala sekolah, Pengurus Masjid Istiqomah, tokoh masyarakat, pelajar, generasi muda, serta ratusan jamaah subuh lainnya.

Walikota Riza Falepi ketika melakukan launching kegiatan ini menyebutkan guna mewujudkan Kota Payakumbuh yang religius sesuai dengan visi dan misinya dilaksanakan berbagai program kegiatan, di antaranya Hafalan Quran, Pesantren Ramadhan dan saat ini Gerakan Solat Subuh Berjamaah yang bertujuan agar kegiatan tersebut mampu memberikan motivasi terutama generasi muda, juga masyarakat umum supaya selalu mendekatkan diri kepada Allah dan tidak menjauhi masjid. Diharapkan Walikota Riza pula, semoga segala apa yang dikerjakan masyarakat mendapat rido Allah.

Lebih jauh, Walikota berharap setelah diresmikannya GSSB ini, ke depannya dengan diawali solat subuh berjamaah dan apabila sudah membudaya di setiap masjid dan musholla, dengan sendirinya akan terbentuk karakter yang disiplin.

“Apapun yang akan kita lakukan mudah-mudahan diberi petunjuk dan diberkahi Allah,” simpul Walikota.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*