Walikota Riza Falepi Terima Penghargaan Kawastara Pawitra dari Mendikbud

Walikota H. Riza Falepi saat menerima penghargaan Kawastara Pawitra dari Mendikbud RI, Muhadjir Effendy, Sabtu.

Walikota H. Riza Falepi saat menerima penghargaan Kawastara Pawitra dari Mendikbud RI, Muhadjir Effendy, Sabtu.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Dinilai sebagai kepala daerah yang memiliki integritas dalam program penyiapan kepala sekolah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy memberikan penghargaan Kawastara Pawitra buat Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi. Tercatat 113 kepala daerah yang menerima penghargaan yang sama di Tanah Air.

Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung di sebuah hotel berbintang di Solo, Jateng, Sabtu (15/10). Walikota Riza Falepi didampingi Kepala Dinas Pendidikan H. Hasan Basri, Sy, ketika penerimaan penghargaan itu. Penerimaan penghargaan juga bersama-sama dengan puluhan bupati dan walikota lainnya dari berbagai provinsi.

Kawastara Pawitra, ungkap Kepala Dinas Pendidikan Hasan, Minggu (16/10), diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang dianggap peduli terhadap program pelatihan kepala sekolah.

Anugerah diberikan pada Walikota Riza Falepi, sebab memiliki komitmen tinggi dalam menyelenggarakan Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS) baik yang dibiayai dengan APBD maupun dana masyarakat.

“Program tersebut bertujuan memperbaiki manajemen sekolah dan sustainability-nya. Sebagai implementasi Permendiknas No. 28 Tahun 2010,” jelas Hasan.

Walikota Riza Falepi mengatakan, penghargaan yang diberikan Menteri Dikbud itu, pencerminan tingginya komitmen Pemko bersama DPRD dalam bidang pendidikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan di kota ini, Pemko juga harus menyiapkan para kepala sekolah sesuai aturan yang berlaku.

“Di Payakumbuh, sudah 90% lebih guru yang memenuhi syarat untuk menjadi Kepsek. Dan pemilihannya harus melalui program PPCKS,” sebut Wako.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*