Walikota: Stop Merokok, Asap Kian Tebal

Wakil Ketua KONI Kota Payakumbuh Eri Bastari terima Surat Edaran Walikota

Wakil Ketua KONI Kota Payakumbuh Eri Bastari terima Surat Edaran Walikota

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Walikota Payakumbuh Riza Falepi mengedarkan imbauan kepada warga Kota Payakumbuh. Terkait situasi iklim dan cuaca yang cenderung ekstrim pada saat ini akibat kemarau panjang, Walikota salah satunya mengimbau untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Dalam edaran yang Senin (7/9) diantarkan ke KONI Kota Payakumbuh diterima oleh Wakil Ketua II Eri Bastari, Surat Edaran bernomor 660/2003/WK-PYK/VIII-2015 itu Walikota Payakumbuh menyebut pencemaran udara berupa kabut asap akibat kebakaran hutan di daerah provinsi Riau, sudah dianggap mengganggu kesehatan masyarakat terutama ISPA dan penurunan kualitas udara di Kota Payakumbuh.

Edaran Walikota yang dibuat 25 Agustus 2015, tiga hari sebelum Riza Falepi berangkat ke tanah suci guna beribadah haji ini, mengimbau masyarakat agar tidak membakar sampah.

Pertama, dilarang membakar sampah/bahan lainnya yang akan menimbulkan polusi udara. Kedua, memperbanyak pepohonan/tanaman di sekitar rumah/kantor sebagai pensuplai oksigen. Ketiga, agar mengurangi pemakai kendaraan bermotor yang mengakibatkan polusi udara. Keempat, memakai masker apabila keluar rumah/berkendaraan.

Kelima, mengurangi kegiatan di ruangan terbuka/lapangan. Keenam mengupayakan agar banyak minum air. Ketujuh, mengonsumsi buah-buahan dan makanan yang mengandung vitamin untuk kekebalan tubuh. Terakhir, menghentikan/stop kebiasaan merokok.(dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*