Walikota Tanggapi Pandangan Umum Fraksi DPRD Payakumbuh Atas 9 Ranperda

Sekdako Benni Warlis Menyampaikan Jawaban Atas Pandangan Umum Terhadap 9 Fraksi

Sekdako Benni Warlis Menyampaikan Jawaban Atas Pandangan Umum Terhadap 9 Fraksi

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Walikota Payakumbuh memberikan jawaban / tanggapan terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kota Payakumbuh terhadap 9 Ranperda dalam rapat paripurna yang berlangsung di Gedung Dewan Jumat (6/2).

Rapat Paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua Suparman, S.Pd didampingi Wilman Singkuan, S.Sos, MM. Dihadiri Wakil Walikota Suwandel Muchtar, Sekdako Ir.Benni Warlis, MM, Unsur Muspida, Asisten II Amriyul Dt Karayiang, Pimpinan SKPD, Camat, Lurah dan para undangan lainnya.

Wakil walikota yang hadir pada Rapat Paripurna tersebut, sebelumnya akan menyampaikan jawaban walikota ini terhadap pandangan Fraksi-Fraksi. Namun karena kondisi kesehatan kurang mendukung maka Tanggapan dimaksud disampaikan oleh Sekdako.

Pertama terhadap tanggapan dari fraksi Partai Golkar yang disampaikan Juru Bicaranya H. Maharnis Zul diantaranya pertama Ranperda tentang perubahan atas Perda No 2 tahun 2008 tentang organisasi dan Tata kerja Sekretariat Daerah dan sekretariat DPRD Kota Payakumbuh akan menjadi perhatian bagi kami dan kami sampaikan bahwa pengisian jabatan staf ahli maupun asisten akan disesuaikan dengan persyaratan kompetensi jabatannya.

Penyusunan Tupoksi Bagian Pertanahan nantinya akan ditetapkan dengan Peraturan walikota, dan dalam penyusunan Tupoksi ini akan dilakukan koordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional sehingga tidak terjadi tumpang tindih antara tupoksi Bagian pertanahan Pada Sekretariat Daerah dengan Tupoksi Badan Pertanahan Nasional.

Hal yang sama juga dipertanyakan oleh Fraksi PAN yang disampaikan juru bicaranya Hurisna Jamhur yang lebih menekankan alasan penambahan asisiten dari 2 menjadi 3 dijelaskan sekdako, bahwa berdasarkan pasal 28 ayat 1 PP nomor 41 tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah dari Asisten, masing-masing asisten terdiri dari paling banyak 4 bagian.Saat ini dua Asisten sudah membawahi 4 bagian, dengan adanya penambahan 1 bagian maka mesti ditambah satu asisten lagi.

Sementara itu Pemko payakumbuh mengapresiasi masukan yang sangat berharga dari Fraksi PPP melalui juru bicaranya Edward DF, S.Sos terhadap Ranperda BUMD dan Ranperda Penyelenggaraan Lalu Lintas dan angkutan jalan menyangkut fasilitas terminal, secara bertahap Pemko terus melengkapinya.Sehingga diharapkan nanti Bus menurunkan dan menaikkan penumpang dalam terminal.

Sedangkan mengenai kegiatan parkir berkaitan erat dengan pelayanan yang diberikan karena untuk parkir kita memungut retribusi atas pelayanan yang diberikan. Sedangkan petugasnya kita menunjuk THL yang disertai dengan identitasnya, minimal juru parkir memakai rompi Juru Parkir.

Selanjutnya, dari Fraksi PKS dengan Juru Bicara Nasrul lebih banyak memberikan masukan dan saran pada Pemko diantaranya terhadap Ranperda tentang perubahan atas Perda nomor 2 tahun 2012 tentang penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di kota Payakumbuh agar disinkronisasikan dan disinergikan dengan peraturan lainnya, maka masukan ini akan kami laksanakan sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Jelas Sekda.

Terakhir, Walikota mengucapkan terima kasih atas tanggapan dan saran yang diberikan oleh semua fraksi-fraksi atas 9 Ranperda dan akan menjadi acuan dan perhatian bagi kami dalm pembahasan Ranperda ini nantinya.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*