Waliota Payakumbuh : Jangan Berlebihan Sambut Tahun Baru

Walikota-Payakumbuh-Riza-FalepiPAYAKUMBUH,PADANGTODAY.COM -Walikota Payakumbuh Riza Falepi, imbau warga kota tidak terlalu berlebihan menyambut malam penggantian tahun baru, old and new 2015, Kamis (1/12) malam. “Tak ada larangan warga menyambut malam Tahun Baru 2015,namun jangan terlalu berlebihan, apalagi sampai melakukan perbuatan yang melanggar ajaran agama,” kata walikota, Minggu (28/12).

Di kota-kota lainnya di berbagai provinsi, warga sangat antusias menyambut malam penggantian tahun baru itu. Berbagai komunitas merayakannya dengan aneka kegiatan. Di antaranya, menggelar musik di pentas terbuka atau hanya sekedar keliling kota mengendari kendaraan bermotor, sambil membunyikan trompet.

Di bagian lain, sebagian warga juga merayakannya dengan pesta kembang api, atau sekedar membakar api unggun. Pemandangan seperti itu, menurut walikota, di Payakumbuh juga terjadi dan sulit melarangnya. Hanya saja, warga diimbau, untuk tetap memelihara ketertiban dan keamanan. Agar perayaan menyambut datangnya tahun baru tidak berbuah menjadi petaka. Warga diminta, berhati-hati dan mematuhi ketentuan berlalulintas di jalan raya.

Menurut Walikota Riza Falepi, makna dari penggantian tahun baru itu, bukan merayakannya dengan keluar malam dan pesta kembang api. Tapi, mengevaluasi kehidupan yang dijalani. Bertanya pada diri sendiri, apakah kehidupan yang dilewati sudah bermanfaat bagi orang banyak. Merenung, berapa tebal kadar keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. “Jika kita sadar belum banyak berbuat, seyogianya ditingkatkan pada tahun-tahun berikutnya,” ingat walikota.

Sementara itu, jajaran kepolisian Payakumbuh, seperti disampaikan Kapolresta AKBP Yuliani, SH, pihaknya akan menurunkan seluruh petugas guna melakukan pengamanan menyambut tahun baru itu. “Kita sudah siapkan ratusan personil guna mengamankan datangnya malam penggantian tahun baru itu,” tegas Yuliani.

Kasatpol PP Payakumbuh Fauzi Firdaus, SP, juga mengatakan, akan melakukan patroli pada malam menyambut tahun baru itu. “Kami akan kerahkan seluruh personil, membantu petugas kepolisian dalam mengamankan kota ini. Sehingga Payakumbuh pada malam menyambut tahun baru benar-benar dalam keadaan kondusif,” ungkapnya. (mmc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*