Wapres Janjikan Bebas visa Bagi Warga Jepang Juni Mendatang

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Liga Parlemen Jepang-Indonesia meminta Pemerintah Indonesia segera merealisasikan rencana bebas visa bagi warga negara Jepang yang ingin berkunjung ke Indonesia. Atas permintaan ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla menjanjikan bebas visa bagi warga Jepang berlaku mulai Juni mendatang.

“Mereka minta segera kita dapat memberlakukan bebas visa karena orang Indonesia ke Jepang sudah bebas visa. Kita lagi dalam proses bebas visa karena itu kita janjikan bulan Juni akan bisa,” kata Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Senin (4/5/2015), seusai menerima kedatangan Ketua Liga Parlemen Jepang-Indonesia Toshihiro Nikai.

Kalla mengatakan bahwa Parlemen Jepang menginginkan peningkatan kerja sama dengan Indonesia, terutama di bidang ekonomi. Di samping terkait industri, Jepang menginginkan peningkatan kerja sama pada bidang pertanian.

Mengenai proyek kereta api peluru, Kalla mengatakan bahwa hal itu tidak dibahas dalam pertemuannya dengan parlemen Jepang hari ini.

“Tidak dibicarakan karena ini anggota DPR-nya, yah. Tapi mereka itu anggota DPR dan para pengusaha. Mereka pada umumnya pengambilan kebijakan anggaran, apalagi ini, katakanlah ketua badan anggarannya,” tutur Kalla.

Maret lalu, Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla memutuskan enam paket kebijakan ekonomi, termasuk memberikan fasilitas bebas visa untuk kunjungan singkat wisatawan dari 30 negara.

Adapun Jepang masuk dalam negara yang dijanjikan akan mendapatkan fasilitas bebas visa ke Indonesia.

(ir/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*