Warga Amuk Tempat Pemungutan Suara

Padang-today.com_Keributan kecil terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Depan Kantor Walikota Pariaman, Sumbar, gara-gara salah satu warga yang datang dari Pulau Angso Duo tidakn diperbolehkan mencoblos di TPS itu.

Adu mulut antara petugas TPS dengan salah satu warga Pulau Angso Duo tidak dapat dibendung. Sehingga TPS di depan kantor walikota tersebut hampir diamuk masa yang mulai beringgas dengan sikap petugas TPS mempertahankan kebenarannya dengan berpijak kepada aturan yang berlaku.

Warga pulau Angso bernama si Didin itu, tidak mau menerima dengan sikap petugas TPS yang selalu menjujung tingggi aturan yang telah dilahirkan oleh Komisi Pemilihan Umum. Sehingga warga Pulau Angso Duo itu bersikap bak raja rimba yang sangat buas.

Perang mulut ini sempat menjadi perhatian warga yang ada disekitar itu. Satu persatu warga mulai berkerumun ingin mengetahui siapa yang membuat keonaran di TPS tersebut. Bahkan, warga pengendara sepeda motor pun ikut terlibat ingin menyaksikan keributan yang terjadi di sekitar TPS itu.

Dengan adanya gelagat seperti itu, pihak peyelenggara Pemilu beserta pengambil kebijakan lainya mencoba mencarikan soslusi yang terbaik, agar Pemilu di Kota Pariaman berjalan lancar dan aman dan selalu berpedoman kepada aturan yang berlaku untuk Pemilu 2019 kali ini.

“Keributan salah satu warga dengan petugas TPS itu hanya mengkedepankan gengsi mereka masing-massing, karena keributan tersebut telah ada sekenarionya oleh pihak Polres Pariaman dalam mengamankan dan mensukseskan pemilu 2019 dalam bentuk simulasi pemilu yang kita hadapi ini,” kata salah satu petugas Satlantas Polres Paiaman yang juga ikut mengamankan acara simulasi pemilu, Jumat 23-03-2019.

Tepatnya pada hari ini jumat, (23/03) sekitar pukul 09.00 WIB, jelang kampanye terbuka dan pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 yang akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang, Kepolisian Resort (Polres Pariaman) menggelar apel pasukan untuk perkekuatan bersama TNI, Satpol-PP, Damkar, BPBD dan Linmas serta gerakan Pramuka Kota Pariaman di Halaman Balaikota.

Apel yang dipimpin langsung Kapolres Pariaman AKBP, Andry Kurniawan tersebut disaksikan langsung Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin bersama jajaran Forkopimda Pariaman. Sebelum apel dimulai, Kapolres, Wawako dan Forkopimda lakukan pengecekan kesiapan pasukan tersebut.

Dalam amanat Menteri Koordinator Bidang Poltik, Hukum dan Kemanan RI, Wiranto, yang dibacakan Kapolres Pariaman mengatakan kegiatan itu dilakukan dalam rangka mengecek kesiapaan penyelenggara Pemilu 2019 dan kesiapan Aparat Keamanan dalam mengamankan peyelenggaraan Pemilu 2019.

Pidato tersebut menghimbau seluruh masyrakat untuk tidak main-main dalam memilih pemimpin. Diakatakan, bahwa pemimpin yang ditunjuk adalah pemimpin yang menentukan nasib Banga Indonesia Lima tahun ke depan. “ Lima tahunke depan nasib bangsa ini ditentukan oleh bagaimana si pemimpin itu, yang dipilih itu, ini tidak main-main, karena pembangunan yang berkesinambungan akan sangat diperlukan untuk kemajuan Bngasa ini dan untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia,” kata AKBP Andry Kurniawan dalam pidato tersebut.

Dalam pidato tersebut juga disampaikan tentang pentingnya persatuan karena merupakan kunci bangsa Indonesia untuk bisa membangun. Bangasa Indonesia harus bersyukur bahwa para pendahulu bangsa telah mengembangkan Bhineka Tunggal Ika, beragam tapi satu. Itulah yang memperkuat negeri ini untuk terus membangun sampai sekaran ini.

Sementara itu, Wawako Mardison Mahyuddin usai apel tersebut mengatakan Pihaknya sangat memberikan apresiasi kepada jajaran Polres Pariaman, Kodim 0308 Pariaman, Satpol-PP dan Damkar serta umumnya masyarakat Pariaman yang telah mampu menjaga keaman dankenyamaan dalam berbagai pesta demokrasi yang diadakan sebelumnya.

“ Seperti sewaktu Pilkada 2018 tahun lalu, yang berjalan lancar, aman dan damai berkat dukungan seluruh pihak ini, dan hendaknya dalam Pemilu 2019 ini juga didapat situasi yang demikian bahkan lebih nyaman, aman dan terkendali lagi daripada yang sebelumnya,” kata dia.

Pada kesempatan itu, usai apel dilangsungkan pihak peyelenggara dan pengaman Pemilu menggelar aksi simulasi pemgamanan Pemilu 2019 oleh tim gabungan yang ikut apel tersebut. (suger)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas