Warga Baruah Andaleh Kecewa, Dinas PU Limapuluh Kota Pindahkan Pembangunan Jalan

Jalan Simpang Tigo Sariak Laweh Saat Pengerasan. Plang proyek yang langsung hilang, saat sehari jalan dikerjakan.

Jalan Simpang Tigo Sariak Laweh Saat Pengerasan. Plang proyek yang langsung hilang, saat sehari jalan dikerjakan.

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com–Masyarakat  Jorong Baruah Andaleh, Nagari Sariek Laweh, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Limapuluh Kota, kecewa  lantaran pembangunan jalan  ke jorong mereka belum juga terlaksana . Padahal masyarakat tahu ada program pembangunan jalan untuk jorong mereka sepanjang 1,2 km yang telah diputuskan oleh pemerintah dan  disahkan DPRD Limapuluh Kota  untuk dikerjakan pada tahun anggaran 2015 ini.

Kenyataannya jalan 1,2 km yang diperuntukkan untuk Jorong Baruah Andaleh, kini dibangun di Simpang Tigo Jorong Sawah Padang di Nagari yang sama. Pembangunan jalan ini sangat diharapkan oleh masyarakat Jorong Baruah Andaleh sejak lama.

Salah seorang warga Baruah Andaleh, Afriyedi, 40 mengatakan jalan aspal yang sudah hancur ini pernah diperbaiki tahun 2008, namun tak bertahan lama. Saat ini, kondisinya berlobang-lobang, sehingga menyulitkan masyarakat untuk melewatinya guna mengangkut hasil bumi, separti kakao, padi dan lainnya ke Pasar Piladang di Akabiluru.

”Baruah Andaleh dihuni sekitar 1.000 kepala keluarga. Sebagian besar mereka bergerak mengelola lahan pertanian. Karena itu, masyarakat setempat sangat berharap kepada Pemkab Limapuluh Kota, perbaikan jalan lingkung itu direalisasikan. Lagi pula, dari 7 Jorong yang terdapat di Nagari Sariek Laweh, jalan lingkung di Baruah Andaleh yang belum diperbaiki, dan terkesan ditinggalkan,” sebut Afriyedi.

Masyarakat Jorong Baruah Andaleh lainnya, banyak yang berkomentar yang sama. Sudah berkali-kali pembangunan dan perbaikan jalan ini diusulkan dalam Musrenbang, di berbagai tingkatan. Namun pekerjaan pembangunan jalan itu tak kunjung dikerjakan, sementara  semua masyarakat sudah sangat antusias menunggu pekerjaan jalan itu.

Memang ditemukan  dalam DIPA Anggaran APBD Limapuluh Kota ternyata  benar pembangunan jalan untuk Baruah Andaleh ini , ada item ”Peningkatan Jalan Baruah Andaleh Kenagarian Sariek Laweh.” Pekerjaan Peningkatan Jalan Laston DAU I pada jalan dengan empat ruas. Pertama, Jorong Baruah Andaleh Sarik Laweh, kedua, jalan Bola Kaki- Bateh Umbu Gadang Taeh Baruah. Ketiga, Pasar Maek-Koto Tinggi II. Lalu, keempat Jalan Ketinggian Dangung- Dangung-Limbanang Kabupaten Limapuluh Kota, dengan nomor Kontrak :05/KONTRAK-BM/PNJI-DAU I/PU-LK/V-2015, senilai Rp.3.491.510.000.

Data ini diperoleh dari Kabid Perencanaan  Dinas PU Naswen. Yang menjadi pertanyaan dari masyarakat Baruah Andaleh seharusnya saat ini sudah dikerjakan pekerjaan jalan itu ternyata sampai saat ini belum juga ada tanda-tanda akan dikerjakan.

Sementara itu, Anggota DPRD Bahrul Edial dari Dapil 1, Akabiluru dan Payakumbuh saat dikonfirmasi mengatakan tidak tahu pasti perihal pemindahan pekerjaan proyek itu. ”Mohon tanyakan langsung ke Dinas PU. Masyarakat mohon bersabar, tahun depan akan kita coba kembali anggarkan,” katanya.(rel/dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*