Warga Batu Kalang Utara Dambakan Jembatan

Photo Ilustrasi Jembatan Rusak

Padang-today.com__Masyarakat Nagari Batu Kalang Utara saat ini mendambakan kehadiran jembatan permanen yang menghubungkan nagari mereka dengan nagari tetangga, yaitu Nagari Tandikek Selatan, Kecamatan Patamuan.

Seperti diakui Walinagari Batu Kalang Utara, Duramli, saat ini sarana perhubungan yang bisa dimanfaatkan masyarakat di daerah itu baru berupa rajang, yang bisa dilewati oleh kendaraan roda dua.

“Sementara untuk kendaraan roda empat jelas tidak bisa lewat, karena kapasitasnya sangat tidak memadai untuk itu. Untuk itulah kita tentu berharap agar ke depannya pemerintah bisa membangun jembatan permanen di kawasan Nago Baraliah di Nagari Batu Kalang Utara ini,” terangnya.

Duramli mengakui, selama ini untuk menuju ke nagari  tetangga, seperti Kecamatan Patamuan, maka masyarakat di daerah itu praktis hanya bisa melewati jembatan rajang yang membentang di aliran sungai Batang Mangur.

Makanya dengan kehadiran jembatan permanen di kawasan itu, pihaknya sangat optimis jika kawasan Nago Baraliah di sekitar aliran Batang Mangur dimaksud nantinya bakal berkembang menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Padangpariaman.

Hal itu memang cukup beralasan, terutama mengingat besarnya potensi wisata air yang ada di kawasan itu. “Di samping itu tidak jauh dari kawasan itu juga terdapat makam panjang yang selama ini sering dimanfaatkan masyarakat untuk berziarah,” terangnya.

Karena itulah pihaknya sangat berharap agar ke depannya hal itu bisa mendapatkan perhatian khusus dari pihak Pemkab Padangpariaman, sehingga harapan masyarakat di daerah itu untuk bisa memiliki jembatan permanen bisa terealisasi seperti diharapkan.

Di pihak lain, sebagai nagari baru hasil pemekaran, pihaknya dari Pemerintahan Nagari Batu Kalang Utara, saat ini tengah fokus pada sejumlah pembangunan infrastruktur.

Diantaranya pembukaan ruas jalan sepanjang 1 KM di kawasan Batu Kalang Lamo, serta perbaikan drainase di kawasan Lapau Kayu serta sejumlah program fisik lainnya. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas