Warga Berok Nipah Antusias Ikuti Prosmiling PKPU Padang

IMG_20151118_194123

Padang,Padangtoday.com  — Masyarakat di Kelurahan Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang antusias menyambut pelaksanaan Program Kesehatan Masyarakat Keliling (Prosmiling) digelar Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Padang. Dalam aksi pelayanan pengobatan gratis, Selasa (17/11) tersebut dapat melayani sebanyak 149 penerima manfaat baik dari kalangan dewasa dan Balita.

Aksi kesehatan di Berok Nipah ini merupakan titik ke 14 dilaksanakan oleh PKPU Padang bekerjasama dengan Indosat dengan mengambil lokasi pelataran Masjid Nurul Yaqin. Karena aksi kesehatan ini baru pertama di daerah tersebut, masyarakat sangat berterima kasih karena disinggahi oleh Prosmiling yang menjadi program andalan PKPU secara nasional.

Kepala Divisi Kesehatan PKPU Padang, Khairul Azmi mengatakan, umumnya yang memanfaatkan layanan kesehatan kali ini mayoritas kalangan dewasa dan lansia. Banyak dari mereka mengeluhkan sakit kepala, encok atau nyeri sendiri serta demam. Sedangkan kalangan Balita di antaranya mengenai gatal –gatal kulit dan  masalah nafsu makan anak yang berkurang.  Dengan menurunkan  tenaga medis terdiri dari dua orang dokter, dua orang perawat dan apoteker, seluruh masyarakat yang hadir dapat terlayani dengan baik.

“Alhamdulillah sebanyak 149 penerima manfaat dapat terlayani dalam tiga setengah jam masa pelayanan diberikan,” kata Khairul Azmi.

Dalam aksi pelayanan kesehatan yang akan terus digulirkan sampai akhir tahun tersebut turut didukung oleh relawan dari Mahasiswa PMI Fakultas Dakwah IAIN Imam Bonjol Padang yang melakukan praktek lapangan selama tiga bulan di PKPU Padang terkait program pemberdayaan.

Reza Syahputra, salah seorang warga setempat  mengatakan, sangat berterima kasih dengan adanya layanan kesehatan gratis di daerahnya tersebut. Meski baru bertapa kali diadakan, masyarakat sangat merasakan manfaatnya, karena di tengah pemukiman  warga. Warga tidak repot pergi keluar terlalu jauh dan meninggalkan rumah terlalu lama. Pihaknya berharap ada layanan berikutnya secara berkala.

Sementara itu seiring dengan mulai masuknya  musim hujan, Kepala Bidang Pendayagunaan KPKPU Padang Ramdan Dalni Akbar menghimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan. Salah satunya dengan memeriksa kembali saluran air, selokan  yang berpotensi membuat genangan air. Di samping itu masyarakat diajak untuk tidak membuang sampah sembarangan sehingga lingkungan terjaga dan masyarakat terhindar dari penyakit. (admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*