Warga Panik, Gempa 5,0 SR Goncang Tanahdatar

gempa

Tanahdatar, PADANGTODAY.com – Gempa bumi berkekuatan 5,0 SR yang terjadi Kamis (11/9) dinihari sekitar pukul 00.45 WIB membuat kepanikan sebagian warga Sumbar, terutama masyarakat Tanahdatar yang paling merasakan goncangan gempa tersebut.

Dari hasil pantauan PadangToday.com, di kota Batusangkar beberapa masyarakat mencoba keluar dari rumah dan terlihat panik pada saat terjadi gempa. Ada sekitar 4 kali guncangan yang sangat keras dirasakan warga kota Batusangkar.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi di wilayah 14 kilometer Barat Daya Tanahdatar – Sumbar, dengan Lokasi 0.57 LS-100.53 BT. Gempa darat ini terjadi di kedalaman 10 kilometer.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanahdatar, Abrar, mengungkapkan beberapa bangunan mengalami kerusakan terutama di kecamatan Batipuh.

“Dari data sementara yang terkumpul, beberapa bangunan yang rusak di kecamatan Batipuh antaranya lain yaitu 5 SD, 1 SMP, dan 1 gedung serba guna, dan tim kami masih terus mengumpulkan data,” ujar Abrar.

Kepala markas PMI Tanahdatar Eko Markos, menyatakan ada beberapa laporan dari relawan PMI SIBAT (Siaga bencana berbasis masyarakat) melalui handy talky dan telp ke markas PMI, tentang adanya kerusakan di beberapa bangunan di kecamatan Batipuh, Batipuh Selatan dan X koto.

Ada beberapa korban yang mengalami luka-luka akibat gempa, terutama di jorong Gunung Rajo Kec. Batipuh. Namun belum ada pemberitaan resmi mengenai jumlah, karena tim relawan kami saat ini masih berada dilokasi untuk melakukan pendataan dan dalam rangka antisipasi siaga bencana dan pertolongan pertama, dan nanti malam tim SIBAT kabupaten Tanahdatar tetap standby di semua jorong 3 kecamatan yaitu Batipuh, Batipuh Selatan dan X koto,” ujarnya. (romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas