Warga Talang Berharap Walikota Riza Lanjutkan Pembangunan

Walikota Riza Falepi bersama H. Hamdan Bachtiar, pemilik tanah mengambil adukan semen untuk meletakkan batu pertama pembangunan Kantor Kelurahan Talang Kamis (19/5).

Walikota Riza Falepi bersama H. Hamdan Bachtiar, pemilik tanah mengambil adukan semen untuk meletakkan batu pertama pembangunan Kantor Kelurahan Talang Kamis (19/5).

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Kehadiran Walikota Payakumbuh, H. Riza Falepi dalam rangka peletakan batu pertama pembangunan Kantor Kelurahan Talang, Kecamatan Payakumbuh Barat di kawasan Pulai, Kamis (19/5) membuat warga merasa tersanjung. Sejumlah aspirasi untuk kemajuan Talang ke depan, disampaikan LPM, Bundo Kanduang dan tokoh pemuda Talang.

Merasa senang akan kehadirannya, warga setempat spontan meminta H. Riza Falepi maju kembali menjadi Walikota Payakumbuh kembali di 2017 mendatang. Harapan warga itu, disampaikan Ketua LPM Muslim,  ketika memberi sambutan pada acara peletakan batu pertama pembangunan kantor kelurahan tersebut, di depan tokoh dan ratusan masyarakat.

Menurut Ketua LPM, pemuka masyarakat H. Nur Asli, serta Ketua Pemuda Yogi,  keikutsertaan masyarakat dalam kegiatan  pembangunan di  Talang terbilang cukup tinggi. Tanah untuk bangunan kantor kelurahan, merupakan hibah dari keluarga H. Hamdan Bachtiar, seluas 540 meter.

“Kami akan terus berpartisipasi membangun kelurahan dan kota ini,  dalam mengimbangi perhatian Pemko di bawah kepemimpinan Riza Falepi, mengucurkan dana pembangunan ke Talang selama ini,” ucap H. Nur Asli. 

Warga juga meminta Pemko untuk memberi bantuan pengaspalan jalan padat karya dari Perum Talang Permai menuju SMK N 4 Payakumbuh di kelurahan tetangga, Parik Muko Aia. Selain meminta pengaspalan jalan menuju kantor kelurahan yang tengah dibangun.

Walikota H. Riza Falepi saat memberi sambutannya, mengapresiasi tingginya  semangat warga Talang dalam pembangunan. Di antara  permintaan warga itu, dijanjikan bakal diaplikasikan dalam tahun anggaran berjalan ini.

“Kita minta Dinas PU untuk segera melakukan pekerjaan jalan lingkungan di kelurahan ini,” tegas Walikota sambil melirik kepada Dabid Bina Marga  H. Zul Arman, ST.

Menurut Walikota, partisipasi H. Hamdan pantas diteladani warga lainnya di Payakumbuh. Pasalnya, jarang-jarang ada warga yang bersedia menyerahkan tanahnya tanpa meminta ganti kerugian, buat pembangunan. Bahkan, ketika Pemko ingin membeli tanah, masih saja ada yang enggan menjualnya.

“Bapak Hamdan, pantas diberi penghargaan,” sebut Walikota.

Camat Payakumbuh Barat, Nurdal melaporkan pembangunan Kantor Kelurahan tersebut dibiayai dengan dana APBD Payakumbuh  sebesar 314.000.000 rupiah lebih. Menurutnya, sesuai perencanaan bangunan Kantor Kelurahan itu akan rampung hingga tiga bulan ke depan.

Menurut keterangan Nurdal, sejak 1982 kegiatan pemerintahan di Kelurahan Talang memakai Kantor Balai Adat yang tak sesuai lagi dengan kondisi sekarang ini. Pelayanan publik jadi terganggu. Menurut Camat, bangunan Kantor Kelurahan baru yang cukup strategis bakal mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*