Wartawan dan BPBD Agam Akan Bentuk Komunitas Wartawan Siaga Bencana

Kepala BPBD Agam Bambang Warsito Saat Bersama Wartawan.

Kepala BPBD Agam Bambang Warsito Saat Bersama Wartawan.

Advertisements

Bukittinggi, PADANGTODAY.com – Belasan wartawan beserta sejumlah Unsur pimpinan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, mengadakan pertemuan untuk merumuskan akan pembentukan Komunitas Wartawan Siaga Bencana Kabupaten Agam, Kamis (4/9) kemaren di Bukittinggi.

Ide pembentukan komunitas itu sendiri berasal dari para wartawan. Ketika ide tersebut disampaikan ke BPBD Kabupaten Agam, ternyata BPBD Agam meresponnya dengan cepat dan malahan berharap bisa terbentuk dengan cepat juga.

“Usulan wartawan ini saya teruskan ke Pemerintah Agam dan ternyata pemerintah juga tertarik dengan usulan tersebut. Jika komunitas ini terbentuk, nanti pemerintah Kabupaten Agam akan memikirkan kantor dan mobilitas lainnya untuk komunitas ini.” ujar Kepala BPBD Kab.Agam, Bambang Warsito.

Menurut Bambang Warsito, untuk mendukung pengetahuan dan keterampilan wartawan di bidang kebencanaan, BPBD Agam siap bekerjasama, terutama dalam berbagai pelatihan, baik tentang edukasi bencana, rescue serta hal lainnya bidang kebencanaan.

“Pemerintah Kabupaten Agam malahan ingin komunitas ini segera terbentuk pada bulan ini juga, sehingga dapat dikukuhkan pada Oktober 2014 mendatang. Segala bentuk misi dan visi, kepengurusan, AD/ART, sepenuhnya diserahkan kepada wartawan, karena komunitas ini tidak bernaung di bawah BPBD Agam.

Terakhir Bambang Warsito berharap, terbentuknya komunitas ini bisa berperan dalam menyikapi permasalahan kebencanaan di Kabupaten Agam dan Sumbar pada umumnya, baik memberikan edukasi kebencanaan kepada masyarakat sebelum bencana itu terjadi, hingga berkontribusi pada saat pascabencana. (doni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*