Warung Sepanjang Pantai Tiram Terapkan Harga Standar

Photo Ilustrasi RM Padang

Padang-today.com__Lebaran keempat kali ini, Padangpariaman dan kota pariaman, Sumatera Barat kebanjiran masyarakat yang datang dari berbagai penjuru. Hari libur lebaran dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk pergi berlibur bersama keluarga dan kerabat ke tempat-tempat wisata.

Salah satu wisata yang dikunjungi masayrakat Padangpariaman adalah Pantai Tiram, Ulakan Tapakis. Selain pantainya exotic, pengunjung juga dimanjakan dengan kesenian musik dan berbagai aneka kuliner yang cukup menenggang kocek pengunjung.

Kenapa tidak, masayarakat yang menyajikan aneka kuliner tersebut telah menyepakati untuk menerapkan harga standar kepada konsumennya. Warung – warung disepanjang pantai Tiram tersebut tidak ada istilahnya menetapkan harga seenaknya.

“Tidak ada istilah main pakuak harga bagi pedagang warung nasi di sepanjang Pantai Tiram Ulakan Tapakis. Buktinya, konsumen yang menikmati kuliner di Pantai Tiram ini tidak ada yang menggeluh,” kata H. Sidik salah satu pengunjung yang datang dari Pasaman dengan membawa keluarganya untuk menikmati pantai Tiram, Senin 18/06/2018.

Ia mengaku merasa senang mengunjungi pantai Tiram, selain pantainya indah, warga setempat juga ikut terlibat dengan keelokannya. Artinya, masyarakat setempat mengkedepakan keramah tamahan terhadap penggunjung.

Dipihak lain, Nasir (56) salah satu pemilik warung kuliner mengatakan, Kalau masih ada konsumen yang menemukan pemilik warung nasi menerapkan harag tidak standar, segera laporkan kepada pihak Disparpora Pemkab Padangpariaman. Dengan demikian Pemkab Padangpariaman akan langsung menanyakan kepada pedagang tersebut untuk memastikan infoemasi yang disampaikan.

“Kami dari pedagang di sekitar objek wisata pantai Tiram ini telah menyepakti tetang masalah harga, agar para pengunjung ke Pantai Tiram tidak ditelan hanya karena persoalan harga makan di warung nasi di pantai ini. Padahal pantai ini adalah aset kita yang dapat membawa keberuntungan bagi semua masyarakat, khusus pedagang di sekitar pantai ini,” ujarnya.

Terpisah, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Padangpariaman Jon Kenedy, mengimbau kepada pengunjung atau wisatawan yang berwisata ke Pantai Tiram Tapakih, Padangpariaman agar memilih tempat makan yang telah direkomendasi dengan harga menu yang sudah ditetapkan.

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Padangpariaman Jon Kenedy

“Ada sebanyak 18 pedagang nasi atau pelaku UKM yang sudah direkomendasi oleh dinas,” kata Jon Kenedy.

Ia mengatakan, semua pedagang sudah diingatkan bahwa tidak ada lagi menjual makanan lebih dari harga menu tersebut.

“Jika ada pelaku UKM atau pedagang makanan yang melebihi harga menu, maka pedagang tersebut tidak direkomendasikan atau bisa juga dilarang berjualan lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, mengenai parkir sudah sudah diatur oleh pedagang atau pemuda setempat yang mana tarifnya harus taat aturan.

“Harga parkir yang berdasarkan tarif seperti kendaraan roda dua Rp2000 permotor dan kendaraan roda empat Rp5000 per mobilnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jika sudah parkir ditempat makan, maka tidak dibenarkan lagi ada pungutan parkir jika pengunjungmasih diarea sekitar.

“Pengunjung jangan mau membayar uang parkir dua kali ditempat yang sama, kalau pengunjung menemukan, silahkan masukan aduan ke nomor telepon Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Padang Pariaman dengan nomor pengaduan  08116942000,” tandasnya menghakiri. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas