WASBANG MAHASISWA UNAND SIAP LAHIRKAN DISIPLIN, BERKARAKTER DAN BERDEDIKASI TINGGI

 

     Padang-today.com – Pemahaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan sangatlah penting bagi segenap komponen bangsa, salah satunya kepada generasi muda sebagai calon pemegang tongkat estafet kepemimpinan nasional di republik ini.

Hal ini disampaikan Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P pada acara Pembukaan Pelatihan Pemantapan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Bagi Mahasiswa Baru Universitas Andalas Jalur SBMPTN pada Selasa(21/5) Bertempat di Conventioan Hall Unand Kampus Limau Manis.

    Melihat banyaknya isu-isu yang berupaya memecah belah bangsa saat ini seperti berita-berita hoax yang bertebaran di sosial media yang jika tidak difilter tentu akan ditelan mentah-mentah.

“Target sasaranya adalah generasi muda (mahasiswa). Selain itu, paham radikalisme yang beberapa waktu ini juga terus mewabah dikalangan anak muda serta isu lainnya. Hal ini tentu perlu diantisipasi salah satunya oleh kalangan kampus,”ungkap Kunto Arief Wibowo.

     Lebih lanjut Danrem menjelaskan kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Universitas Andalas dengan Korem 032 Wirabraja yang tertuang dalam Nota Kesepahaman antara kedua institusi sejak tahun 2016.

Melalui Wasbang ini diharapkan mampu mewujudkan peserta didik Unand yang dapat memahami tentang Pancasila sebagai dasar negara, Kebhinekaan, UUD 1945 dan memahami Negara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI) secara utuh dan menyeluruh, dengan demikian akan mampu meningkatkan semangat cinta tanah air, bela negara, berwawasan kebangsaan, memiliki semangat gotong royong dan kebanggan diri sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

    “Serta yang paling penting adalah terwujudnya mahasiswa Universitas Andalas yang memiliki disiplin, berkarakter dan berdedikasi tinggi, saling menjaga paktor keamanan dalam kegiatan ini” tambahnya.

     Sementara itu, Rektor Unand, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA menyebutkan Universitas Andalas dalam penerimaan mahasiswa baru telah menyiapkan serangkaian kegiatan dalam membangun dan membentuk karakter mahasiswa dengan 3 kegiatan besar yaitu Karakter Andalan, Pemantapan Wawasan Kebangsaan dan Orientasi Proses Belajar dan Mengajar (OPBM/BAKTI). Hal ini dilakukan dalam upaya membangun mahasiswa yang disiplin, berkarakter, cinta tanah iar, memiliki jiwa nasionalisme, dan agamais. Seperti karakter Unand yaitu Sejati

    Lebih lanjut Rektor menjelaskan sebanyak 50845 peserta mengikuti ujian SBMPTN Tahun 2019 secara nasional,

    “Hanya 50845 orang yang lulus di Unand ini. Untuk itu perlu kiranya memanfaatkan kesempatan ini untuk mencapai sukses,”ujar dia.

     Sukses bagi mahasiswa di perguruan tinggi dapat dilakukan dengan tamat tepat waktu yaitu tamat yang berkualitas memiliki prestasi dan IPK yang tinggi. Selain itu mahasiswa dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan non akademik (soft skill) dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan baik yang ada di tingkat universitas maupun tingkat fakultas.

    “Dengan peningkatan soft skill mahasiswa diajarkan untuk memanajemen diri dan orang lain, belajar berkomunikasi dan berinterkasi dengan orang lain serta banyak kemampuan lain yang terkadang tidak didapatkan dibangku perkuliaha”tambahnya.

   Pelatihan Wasbang hari ini diikuti oleh 1.003 Orang mahasiswa jalur SBMPTN.Yang memiliki angka NIM genap.dan dilanjutkan esok hari.

    Kegiatan ini dihadiri oleh Danrem 032/Wbr dan Para Kasi Korem 032/Wbr, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan dan jajaran pimpinan di lingkungan Unand.(al)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas