Wawako di DPRD: Ruko Milik Pribadi Tetap Dikenakan Retribusi

Wawako Suwandel Mukhtar

Wawako Suwandel Mukhtar

Payakumbuh, PADANGTODAY.comBangunan ruko milik pribadi yang berada di area pasar tetap dikenakan retribusi. Namun tidak sama dengan pertokoan milik Pemerintah Daerah, mengingat retribusi berkaitan erat dengan pelayanan yang diberikan oleh Pemda.

 
“Sedangkan, naskah Akademis Ranperda BUMD saat ini sedang dikerjakan oleh lembaga penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas Padang,”ujar Wawako Payakumbuh H. Suwandel Muchtar, pada rapat paripurna tentang 9 ranpeda, Jum’at (6/2).
 
Dikatakannya, pada saat pembahasan dengan Pansus nantinya Naskah Akademis tersebut telah selesai dibuat dan dijadikan Referensi dalam Pembahasan Ranperda BUMD.
 
Sedangkan Potensi yang akan digarap dengan tidak mengurangi rasa hormat sudah kami jawab pada pertanyaan fraksi Demokrat yang disampaikan Adi Suryatama.
Berkurangnya PAD dari sektor iklan rokok memang terjadi sejak tahun 2009, dimana mulai saat itu  kita melarang iklan rokok di Payakumbuh.
 
Namun pendapatan daerah dari sektor ini tidaklah signifikan dibanding dengan resiko yang kita hadapi  akibat meningkatnya  jumlah perokok aktif di Kota Payakumbuh.
 
Peningkatan ini berimplikasi terhadap peningkatan kasus- kasus   penyakit akibat  rokok pada  penduduk mulai dari  usia bayi, remaja, dewasa sampai lansia.
 
Terkait dengan hal tersebut tentu beban daerah  jauh lebih besar yang harus dialokasikan kedepannya untuk pembiayaan  kesehatan, ketersediaan sarana  pengobatan penyakit lanjutan akibat rokok seperti kanker, hipertensi, stroke yang justru biayanya lebih besar dibandingkan pemasukan daerah dari iklan rokok tersebut, “jelas Wawako.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas