Wawako Emzalmi Tutup Diksarmil II Resimen IV PPM Kota Padang

 Wawako Emzalmi, Dandim 0312 Wirabraja, Letkol Arm Wahyudi Dwi Santoso serta Ketua PPM Kota Padang menyalami sambil mengucapkan selamat kepada para anggota PPM yang telah mengikuti Diksarmil.

Wawako Emzalmi, Dandim 0312 Wirabraja, Letkol Arm Wahyudi Dwi Santoso serta Ketua PPM Kota Padang menyalami sambil mengucapkan selamat kepada para anggota PPM yang telah mengikuti Diksarmil.

PADANG, PADANGTODAY.com– Setelah kurun satu minggu lebih dilaksanakannya Pelatihan Dasar Militer (Diksarmil) II Resimen IV Pemuda Panca Marga (PPM) Kota Padang, pada Senin (19/1), pelatihan akhirnya resmi ditutup di Makodim 0312 Wirabraja. Dalam penutupannya, langsung oleh Wakil Walikota (Wawako) Padang, Ir H Emzalmi, M.Si, yang juga turut dihadiri Dandim 0312 Wirabraja, Letkol Arm Wahyudi Dwi Santoso, Muspida, Ketua PPM Sumbar, Heryanto Rustam serta beberapa anggota DPRD Sumbar dan Kota Padang.

Dalam sambutannya Wawako Emzalmi menyampaikan, melalui Diksarmil II Resimen IV PPM ini, atas nama Pemko Padang sangat mengapresiasi dan juga mengharapkan senantiasa terbentuknya beberapa tokoh pemuda terbaik khususnya yang berasal dari PPM Kota Padang. Dengan didapatkannya pembekalan selama pelatihan, tentu diharapkan akan lebih mengeksiskan lagi keberadaan PPM di tengah-tengah masyarakat dalam kemajuan Kota Padang ke depan.

“Dengan senantiasa dipupuknya jiwa nasionalisme dan patriotisme, serta rasa berbangsa dan bertanah air bagi mereka, semoga semakin mempertebal rasa kebersamaan. Sehingga, PPM tidak hanya dengan Pemko Padang, juga diharapkan dengan dunia usaha yang selama ini masih terjalin dengan baik,” terang Wawako

Kemudian, lanjut Wawako, adapun saat ini Pemko Padang tengah berupaya mewujudkan 10 program unggulan Walikota dan Wakil Walikota berdasarkan RPJMD. Di samping itu, Pemko juga telah mencanangkan Program Padang Bersih. Dalam hal ini, Pemko akan mewujudkan Kota Padang yang bersih lingkungan dan bersih maksiat.

“Jadi, kami sangat bersyukur sekali atas dukungan seluruh lapisan masyarakat sejauh ini. Baik dalam membantu kelancaran pembangunan fisik, bidang keagamaan, sosial budaya, pendidikan, ekonomi kemasyarakatan dan sebagainya. Maka dari itu, dengan keberadaan PPM juga diharapkan senantiasa berkolaborasi dengan unsur pemerintah di kecamatan dan kelurahan dalam mewujudkannya,” imbuhnya.

Setelah itu, Ketua PPM Kota Padang, Yudha Putra mengatakan, Diksarmil ini memang wajib diberikan bagi anggota PPM sebagai bekal dasar untuk kesiapan diri untuk mengabdi kepada masyarakat dan negara.

Dikatakannya, dalam diksarmil, anggota PPM tidak hanya dibekali pelatihan dasar militer saja, namun juga diperluas dengan menambah wawasan kebangsaan, ilmu bela negara dan sejarah perjuangan bangsa. Diksarmil dilakukan selama 10 hari dan diikuti 30 orang anggota PPM.

“Diksarmil ini sudah menjadi agenda rutin PPM dalam mendidik, melatih dan mempersiapkan generasi muda untuk menjadi generasi muda yang tangguh, disiplin dan memiliki jiwa patriotisme tinggi. Untuk itu kepada panitia pelaksana serta para pelatih kami mengucapkan terima kasih,” ujarnya.

Dengan pendidikan itu, sambung Yudha, anggota PPM harus menjadi generasi muda yang lebih berani menghadapi masalah dan mampu mencarikan solusi terhadap berbagai masalah dalam kehidupannya. Selain itu, PPM wajib bermental disiplin dan bermasyarakat dengan baik. Karena, kemajuan seseorang tersebut dalam karir dan kehidupan bukan ditentukan mutlak oleh kemampuan akademik, namun kemampuannya dalam berorganisasi.

“Jadi, dengan resmi ditutupnya Diksarmil kali ini, kami tentu berharap PPM selalu menjalankan programnya dengan baik dan lancar. Kemudian, PPM pasti akan mendukung terhadap program Pemko Padang ke depannya, karena keberadaan PPM tentu akan membantu dalam percepatan pembangunan Kota padang ke depan,” imbuh Yudha mengakhiri. (as/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas