Wawako Jadi Irup HAB ke-74, Terpenting Nilai-Nilai Kehidupan Beragama

Wawako Jadi Irup HAB ke-74, Terpenting Nilai-Nilai Kehidupan Beragama

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-74 di Lapangan Sari Bulan Kelurahan Sawah Padang Aua Kuniang yang diikuti oleh seluruh jajaran Kemenag Kota Payakumbuh dan siswa SD, MTS dan MAN se Kota Payakumbuh, Jumat (3/1/2020).

“Hari ini kita memperingati tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama,” kata Erwin Yunaz.

Dijelaskan, dalam negara pancasila siapapun dengan alasan apa pun tidak diperkenankan melakukan propaganda anti-agama, penistaan terhadap agama, menyiarkan agama dengan pemaksaan setra ujaran kebencian dan kekerasan terhadap pemeluk agama yang berbeda, karena agama dan negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia.

“Founding Father negara kita mengenalkan Teori Akomodasi yang menyangkut hubungan agama dan negara, yang mana pada saat itu belum dikenal oleh negara manapun,” ucapnya.

“Identitas keagamaan harus disatukan dengan identitas kebangsaan, apabila dipisah bisa dapat melahirkan radikalisme beragama,” tambahnya.

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz mengajak sesuai dengan tema HAB Kemenag Ke 74 “Umat Rukun, Indonesia Maju”, Agar kita semua menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air.

“Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrsi nasional,” pungkasnya.

Selesai upacara bendera HAB Kemenag ke-74, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz juga menyematkan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya kepada Zulfadilah tanda kehormatan 30tahun, Murda Ayudi tanda kehormatan 20tahun dan Nursofia tanda kehormatan 10tahun yang merupakan perwakilan dari 46 orang penerima tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya 10, 20 dan 30 tahun di lingkungan Kantor Kemenag Kota Payakumbuh.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas