Wawako Padang Panjang Serahkan Bantuan Sosial Bagi IKM

Padangpanjang–Wakil Walikota Padangpanjang Drs. Asrul didampingi Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Arpan, SH serta Kabid Promosi dan Pemasaran Perdakop UKM serahkan bantuan sosial (Bansos) bagi IKM Kota Padangpanjang di Aula Pondok Desain dan Promosi Senja Kenangan Bukit Surungan, Selasa (15/1) ini.

Pemerintah Kota Padangpanjang memberikan bantuan ini sebagai stimulasi upaya memajukan Industri Kecil Menengah (IKM) yang diberikan kepada para kelompok IKM yang belum mampu berkembang.

“Dengan adanya bantuan ini, diharapkan nantinya IKM dapat berkembang dalam hal proses produksi dan kualitas barang yang di hasilkan, sehingga dapat menembus pasar yang lebih luas,” ujar Asrul.

Pentingnya pengembangan IKM ini sangat berdampak pada potensi destinasi kunjungan wisata ke daerah berhawa sejuk itu, yang senantiasa menunjukkan perkembangan positif dari tahun ke tahun. Tren konsumerisme produk-produk lokal dan prospeknya industri-industri kecil menengah sebagai pangsa pasar dapat memacu peningkatan laju perekonomian secara progresif.

Asrul juga menghimbau kepada jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar mencintai produk-produk daerah sendiri sehingga dapat meningkatkan omset kelompok IKM.

“Kepada Dinas terkait, diharapkan terus memantau masyarakat yang menerima bantuan agar bantuan yang diterima dapat dipergunakan semestinya,” tutup Asrul.

Bantuantersebut berupa mesin/peralatan dan bahan baku produksi. Pada kesempatan kali ini pemerintah memberikan bantuan kepada 37 orang penerima bansos.

Sebelumnya dalam laporannya Arpan menyampaikan maksud dan tujuan dari bantuan ini adalah mendorong percepatan pengentasan kemiskinan di Kota Padang Panjang, mendorong kontinyuitas produksi IKM.

Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi dan daya saing produk IKM Padang Panjang melalui pemanfaatan mesin dan peralatan serta teknologi tepat guna. Serta Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM akan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala atas pemberian bantuan sosial tersebut.

“Kami berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, jangan dijual/dipindah tangankan rawatlah seperti biasanya,” tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas