WNA Irlandia Sempat Berada Di Mentawai Beberapa Hari

 

Padang-today.com – Warga Negara Asing (WNA) asal Irlandia terpapar positif corona (COVID-19) sebelumnya pernah pergi ke Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“WNA Irlandia beberapa hari pernah berada di  Kabupaten Kepulauan Mentawai,”kata Kepala Dinas Kesehatan Padang,  dr.Ferimulyani Hamid saat dihubungi media.

Menurut dia, lima hari lalu, WNA tersebut dari Mentawai ke Padang.

WNA asal Irlandia baru satu hari berada di salah satu homestay yang ada di Padang, nah itu dari riwayat perjalanannya,”ungkap dia.

WNA asal Irlandia tersebut melakukan tes swab atas permintaan sendiri (mandiri,red), tes di rumah sakit semen Padang. “WNA tersebut tes swab atas permintaan sendiri karena mau meninggalkan Kota Padang,”jelas dr.Ferimulyani Hamid.

Dia menambahkan, Dinas Kesehatan Kota Padang akan menelusuri dimana saja WNA itu singgah selama berada di Kota Padang.

“Dinkes juga menelusuri dengan siapa WNA ini selama berada di Padang,”imbuh dia.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmudin Siregar menyebutkan saat ini baru tiga orang dari Mentawai positif Corona.

“Dari enam orang, sekarang tinggal tiga orang lagi menunggu hasil swab dari Laboratorium Fakultas kedokteran Unand,”kata dia.

Terkait ada warga asing berada di Mentawai, Lahmudin menyebutkan tidak tahu ada warga asing berada di Mentawai saat wabah virus Corona.

“Ini kaget ada WNA sekarang positif Corona pulang dari Mentawai. Resort mana WNA tersebut menginginap selama berada di Mentawai. Sama kapal apa tiba di Mentawai begitu juga sebaliknya,”jelas Lahmudin.

Menurut dia, kapal ke Mentawai tidak ada bawa penumpang, dibolehkan bawa barang dan keperluan terkait penanganan Covid-19.

“Bahkan Mentawai PSBB di perpanjang hingga 7 Mei 2020,aturan tetap berlaku dimana kapal dilarang membawa penumpang,”ungkap dia.

Dia menambahkan, Dinas Kesehatan Mentawai akan koordinasi dengan Dinkes Padang untuk melacak keberadaan WNA asal Irlandia.

Kalau benar WNA tersebut dari Mentawai, Dinas Kesehatan akan melakukan pengecekan di daerah mana yang telah dikunjungi selama di Kabupaten Kepulauan Mentawai,”imbuhnya.

Sebelumnya dari relis Jasman Rizal juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Sumbar menyebutkan ada 15 orang dari Kota Padang positif corona.

Dari 15 tersebut ada salah satunya WNA asal Irlandia terpapar Corona. Sekarang isolasi mandiri.(dpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas