Wujudkan HJK Spektakuler, Dinas Pariwisata Gelar Ragam Kegiatan

Padangpanjang—Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Dinas Pariwisata menggelar beragam kegiatan dengan melibatkan sejumlah pihak ketiga guna mewujudkan perayaan Hari Jadi Kota (HJK) ke 228 Kota Padangpanjang sejak 25 November hingga 1 Desember kemarin.

Kepala Dinas Pariwisata Padangpanjang, Hendri Fauzan menyebut pelaksanaan kegiatan HJK kali ini dilakukaan di beberapa dinas terkait. Khusus pada Dinas Pariwisata, sejumlah agenda HJK yang diselenggarakan dengan menggandeng beberapa pihak ketiga. Di antaranya komunitas pecinta burung berkicau, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan lainnya.

“Pelaksanaan kali ini, kita melibatkan sejumlah pihak ketiga berdasarkan bidang masing-masing. Tujuannya agar kegiatan terkait dapat terselenggara dengan profesional, sehingga mampu mendatangkan efek langsung dalam mewujudkan kemeriahan HJK,” ungkap Fauzan didampingi Sekretaris Dinas Pariwisata Dalius kepada Padang Today.

Dalius menjelaskan, kemeriahan HJK yang dapat disebut lebih spektakuler disbanding tahun-tahun sebelumnya terlihat dari tingkat apresiasi massa dalam suatu kegiatan. Diantaranya pada lomba Kicau Mania yang diselenggarakan di komplek PDIKM pada  25 November lalu.

“Kegiatan tersebut tampak sangat berjalan maksimal dengan keikutsertaan peserta dari berbagai daerah mencapai hampir 2 ribu. Perkiraan jumlah massa yang datang dan berbelanja di Padangpanjang saat itu, setidaknya mencapai 4 ribuan,” tutur Dalius yang bertepan purna tugas terhitung pada puncak HJK 1 Desember itu.

Kegiatan lainnya pada 26 November, melahirkan dua prospektif kemeriahan HJK Padangpanjang dengan menyelenggarakan kegiatan Mural 3D. Lomba melukis dinding yang dipusatkan pada RT XII Kelurahan Balai-Balai dengan jumlah peserta sebanyak 26 pelukis tersebut, hasilnya juga menyedot perhatian massa sebagai objek selfie.

Target kemeriahan HJK ke 228 Padangpanjang ini untuk mendatangkan orang sebanyak mungkin, juga dapat dilihat dari item kegiatan lainnya seperti Festival Randai dengan 22 peserta pada 26 November dan dilanjutkan Festival Band dengan 22 peserta tingkat Sumbar pada 30 November.

“Kemudian pada puncak kegiatan 1 Desember, Dinas Pariwisata menyajikan kegiatan Lomba Memasak Rendang, Lomba Mewarnai tingkat PAUD dan TK, serta lomba Foto Instagram. Alhamdulillah semua kegiatan hingga hari H berjalan lancer dengan didukung cuaca yang cerah sampai ditutupnya kegiatan dengan agenda pentas musik dengan menghadirkan artis lokal dan nasional,” pungkas Dalius. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*