Yamaha Lakukan Pengujian Performa dan Keiritan Yamaha All-New Soul GT

Yamaha Lakukan Pengujian Performa dan Keiritan Yamaha All-New Soul GT.

Yamaha Lakukan Pengujian Performa dan Keiritan Yamaha All-New Soul GT.

PADANGTODAY.COM-Etape ke-6 touring Yamaha Tour de Soul “125 Moments to Go” Batu-Jember berhasil diselesaikan oleh seluruh peserta pada Kamis (9/4/2015). Berangkat pukul 08.00 WIB, perjalanan sejauh 200 kilometer harus ditempuh dengan waktu 10 jam.

Pada rute kali ini peserta harus berhadapan dengan jalur sempit, berkelok, berbukit, tikungan curam dan kondisi jalan yang tidak terlalu mulus. Selain itu peserta harus kembali berhadapan dengan cuaca hujan seperti etape-etape sebelumnya.

Salah satu peserta, Julianri (20) mengaku rute kali ini merupakan rute yang lengkap untuk menjajal kemampuan dari motor Yamaha All New Soul GT. “Rute ini membuat saya puas untuk menguji kemampuan motor ini, mulai dari handling, rem, tarikan gas hingga saat melewati jalur basah semua peformanya oke,” kata Anri.

Hal yang sama juga dikemukakan oleh Julianri. Rute Batu-Jember adalah rute yang memacu adrenalin sekaligus bisa melihat kemampuan maksimal dari motor. “Tadi saya sempat memacu motor sampai 100 kpj dan motornya masih stabil”, kata dia lagi.

Irit Bahan Bakar

Kondisi jalan yang sempit, berkelok, hingga menanjak memaksa peserta untuk menjaga kecepatan sepeda motor. Kondisi berkendara seperti ini biasanya akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Namun, para peserta mengaku konsumsi bahan bakar All New GT cukup irit.

“Jika dibandingkan dengan jenis motor lain yang pernah saya jajal pada touring sebelum-sebelumnya untuk jarak seperti ini bisa dua kali isi bahan bakar. Tadi saya hanya isi bensin satu kali saja,” jelas Julianri.

Technical Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Slamet Kasianom, mengatakan bahwa teknologi Blue Core yang digunakan pada motor Yamaha All New GT menjadi kunci iritnya konsumsi bahan bakar motor ini.

“Blue Core itu adalah konsep yang dikembangkan Yamaha agar motor menjadi produk yang ramah lingkungan dan juga sekaligus mampu dipacu dengan kecepatan tinggi tanpa mengorbankan efisiensi BBM,” kata Slamet.

Slamet menambahkan dari konsep itu kemudian diturunkan pada motor sistem pembakaran yang sempurna, memiliki sistem pedinginan lebih baik hingga membuat komponen yang minim gesekan. Ketiga hal itu membuat konsumsi bahan bakar motor lebih irit.

“Karena itu tidak heran meskipun melewati jalur menanjak yang membutuhkan tenaga besar. Motor ini tetap irit karena pembakaran sempurna, lalu ditambah mesin yang tidak gampang panas karena sistem pendinginan lebih baik lalu juga minim gesekan,” ujar Slamet lagi.

Yamaha mengajak sekitar 50 orang untuk turing dari Jakarta menuju Bali dengan menggunakan motor Yamaha All New Soul GT. Peserta dibagi menjadi dua grup yang akan menyusuri dua jalur berbeda yakni jalur utara dan jalur selatan.

(ram/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas