YB DT Parmato Alam, Pimpinan DPRD Laporkan Tugas Empat Kinerja Telah Dilakukan

KETUA DPRD PAYAKUMBUH YB Dt PARMATO ALAM.

KETUA DPRD PAYAKUMBUH YB Dt PARMATO ALAM.

Advertisements

PAYAKUMBUAH, PADANGTODAY.com-Pimpinan Sementara; YB Dt Parmato Alam selaku Ketua Sementara, melaporkan bahwa telah dilakukan kinerja pimpinan sementara, semenjak dilantik anggota DPRD Payakumbuh pada 1 September lalu; memimpin rapat-rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, menyusun rancangan peraturan tata tertib DPRD, dan memproses penetapan Pimpinan DPRD definitif.

YB Dt Parmato Alam melaporkan bahwa telah dibentuk delapan fraksi; Fraksi Partai Golongan Karya, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Amanat Nasional, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Bintang Nasdem, yaitu gabungan Partai Bulan Bintang dan Partai Nasdem, Fraksi Perjuangan Nurani Rakyat, yaitu gabungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Hanura.

YB Dt Parmato Alam juga melaporkan bahwa DPRD di bawah Pimpinan Sementara telah melakukan Penyusunan dan Pembahasan Rancangan Peraturan Tata Tertib dan Kode Etik DPRD Kota Payakumbuh, melalui Panitia Khusus. Lalu, juga telah menetapkan calon pimpinan definitif DPRD dalam Rapat Paripurna, dan diteruskan kepada Gubernur Sumatera Barat melalui Walikota Payakumbuh. Serta, berdasarkan Surat Walikota Payakumbuh, Gubernur Sumatera Barat meresmikan pengangkatan Pimpinan DPRD Kota Payakumbuh dengan Keputusan Gubernur nomor 171 – 761 – 2014.

HINDARI ISU

Ketua DPRD Kota Payakumbuh terpilih, Yendri Bodra Dt Parmato Alam, dalam pidatonya menyampaikan keyakinannya, bahwa anggota DPRD periode ini mampu menjalankan tugasnya secara maksimal.

“Saya yakin dan percaya, lima tahun ke depan DPRD Kota Payakumbuh mampu menjalankan fungsinya secara maksimal agar Kota Payakumbuh lebih baik,” ungkapnya.

Menurut Yendri Bodra Dt Parmato Alam, sebagai wakil rakyat dia berjanji akan mengemban dan melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan rakyat Kota Payakumbuh dengan sebaik-baiknya.

”Ibarat kapal yang sedang berlayar, kamilah nahkotdanya. Tentu, dalam pelayarannya pasti akan ditimpa riak dan gelombang. Namun, kami sudah bertekad menghadapi riak gelombang tersebut dengan daya upaya agar kapal yang kami nahkodai dapat sampai dan berlabuh di dermaga pelabuhan yang dituju dengan selamat dan berhasil dengan baik.” Ungkap Yendri Bodra Dt Parmato Alam.

Ditegaskan Yendri Bodra Dt Parmato Alam, sebagai lembaga perwakilan rakyat yang memiliki tugas legislasi, anggaran dan pengawasan, DPRD Kota Payakumbuh bertekad akan melahirkan produk hukum atau Perda yang DPRD Kota Payakumbuh bertekad akan melahirkan produk hukum atau Perda yang berpihak kepada kepentingan daerah dan rakyat. Sehingga, Perda yang dilahirkan itu tidak menimbulkan pro kontra dalam pelaksanaannya.

”Pada prinsipnya, kita tidak mau apa yang terjadi di masa lalu. Sebagai contoh konkrit yang masih melekat di ingatan kita adalah pembangunan kantor Walikota di Bukik Sibaluik yang sampai kini tidak memiliki izin. Peristiwa itu mendorong kita untuk lebih selektif dan kita tidak ingin hal itu terulang lagi,” ujar politisi muda Partai Golkar itu.

Menyinggung pembahasan dan penentuan anggaran, Yendri Bodra Dt Parmato Alam berharap, DPRD berharap agar tertib administrasi dan anggaran betul-betul dilaksanakan dengan baik dan transparan.

”Sekecil apapun anggaran atau dana yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pembangunan Kota Payakumbuh, harus terbuka dan transparan. Sehingga, tidak akan menimbulkan isu-isu atau praduga negatif dan mis-komunikasi antara sesama pemegang kebijakan dan masyarakat,” pungkasnya.

Yendri Bodra Dt Parmato Alam menyadari bahwa lembaga DPRD Kota Payakumbuh di masa lalu pernah mendapat sorotan yang tajam dari masyarakat tentang kunjungan kerja yang terlalu sering dan dituding sebagai ajang menghambur-hamburkan uang rakyat.

”Agar hal tersebut tidak terjadi lagi, maka kami DPRD akan membuat terobosan baru dengan membuat ’Mimbar Parlementaria Dewan’ yang akan diterbitkan satu kali masa sidang,” ungkap Yednri Bodra Dt Parmato Alam sekaligus berjanji akan mendistribusikan malajah dewan itu di tingkat kelurahan sehingga masyarakat dapat memahami dan menerima informasi akurat tentang kegiatan DPRD.

Menyinggung fungsi pengawasan, ujar Yendri Bodra Dt Parmato Alam, DPRD akan melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan penuh keberanian, efektif dan berlanjut.

”Dewan akan melaksanakan pengawasan disemua lini sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak akan berbuat di luar dari itu,” tegasnya.

Di akhir pidatonya, Yendri Bodra Dt Parmato Alam mengakui bahwa, roh reformasi yang sudah bergulir belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Artinya, terjadinya penyimpangan kebijakan dan anggaran serta kurang terarahnya pelaksanaan reformasi birokrasi birokrasi yang mengarah bisa terjadinya korupsi, semuanya ini bisa terjadi kalau kita kaji dan analisa secara mendalam salah satu penyebab adalah lemahnya dan bahkan hilangnya pengawasan secara profesional.

RESMI

Maka, setelah diambil sumpah dan janji, di penutupan Rapat Paripurna DPRD Payakumbuh, YB Dt Parmato Alam yang selaku Ketua DPRD Payakumbuh definitif, menyampaikan bahwa
Pimpinan DPRD Kota Payakumbuh sudah resmi menduduki jabatan Pimpinan DPRD Kota Payakumbuh untuk masa jabatan 2014 – 2019. Maka, ungkap YB Dt Parmato Alam, pelaksanaan tugas Pimpinan Sementara DPRD Kota Payakumbuh yang dibentuk pada awal masa jabatan Anggota DPRD Kota Payakumbuh 2014 – 2019 secara otomatis telah berakhir dan pelaksanaan tugas selanjutnya telah menjadi tugas pimpinan definitif.

Sehubungan dengan itu, YB Dt Parmato Alam selaku Pimpinan Definitif DPRD Kota Payakumbuh mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan anggota dewan atas terlaksananya penetapan pimpinan dewan yang definitif ini. Pimpinan mengharapkan pula dukungan dan kerjasama dari rekan-rekan anggota dewan, karena pimpinan menyadari bahwa tugas pimpinan dewan sangat berat.

”Tanpa adanya dukungan dan kerjasama dari rekan-rekan anggota dewan, maka tugas pimpinan dewan tidak akan dapat terlaksanakan dengan baik. Oleh karena sesuai dengan pepatah Minang menyatakan bahwa, ”pimpinan itu didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting.”

Harapan akan kerjasama yang baik juga diharapkan dari jajaran pemerintah daerah dan unsur Muspida, agar pelaksanaan tugas-tugas pimpinan dan tugas kedewanan sebagai penyelenggara pemerintah daerah dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya. Kita perlu segera menyusun langkah-langkah strategis untuk menyikapi kondisi daerah kita ke depan yang sangat berat, sehingga masyarakat kita dapat bangkit untuk membangun bersama-sama.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*