YKI Kota Pariaman gelar berbagai kegiatan peringati Hari Kanker Sedunia

Padang-today.com__Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Pariaman, Sumbar, gelar peringatan Hari Kanker Sedunia yang dipusatkan di Pantai Gandoriah, Minggu (17/2). Kegiatan dimulai dengan penyelenggaraan senam sehat bersama, penyuluhan tentang kanker, bazar baju bekas untuk donasi, pengobatan gratis dan pembagian door price yang disediakan oleh panitia, mulai dari sepeda, despenser, kompor gas, rice coocer dan ratusan hadiah lainya.

Tidak tanggung-tanggung, panitia mendatangkan Ketua YKI Provinsi Sumatera Barat, Ny. Nevi Irwan Prayitno dan Wakilnya Ermawati yang sekaligus menjadi narasumber penyuluhan kanker untuk masyarakat yang datang di pantai gandoriah. Hadir juga Walikota Pariaman, Genius Umar, Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin dan istri, Sekdako Pariaman, Indra Sakti dan istri, serta para panitia yang hadir.

Walikota Pariaman Genius Umar yang membuka acara ini mengatakan bahwa saat ini, kanker merupakan penyakit yang mematikan nomor dua didunia, dan doprediksi akan menjelma menjadi penyebab kematian nomor satu diakhir abad ini.

“Pola hidup masyarakat yang tidak sehat, serta makanan yang serba instan, menyebabkan salah satu faktor penyakik kanker ini, menjadi momok yang menakutkan bagi kita semua”, ujarnya.

Karena itu, dirinya menyambut baik acara yang digelar oleh YKI cabang Kota Pariaman ini, dimana, dengan rangkaian acara yang dibuat, membuat masyarakat memahami dan menambah ilmu tentang bahaya kanker, dan bagaimana menyikapi agar kita tidak terkena penyakit mematikan ini.

“Kita sambut baik acara ini, apalagi dengan datangnya ketua YKI Provinsi Sumbar, yang menambah semangat kita untuk terus memerangi penyakit kanker, dan kita telah memulainya, dengan telah menjadikan Kota Pariaman sebagai raihan terbaik dalam pemeriksaan IVA Test di tingkat Sumbar”, ungkapnya.

Ia juga berharap kedepan agar pihak pemko pariaman melalui dinas terkait, menjalin kerjasama dengan BPOM untuk memeriksakan makanan dan jajanan yang ada di sekolah yang ada di Kota Pariaman, sehingga kandungan bahan kimia yang memacu kanker dari bahan makanan yang tidak sehat, dapat kita minimalisir.

“Salah satu penyebaran kanker adalah dari makanan, karena itu kedepan kita akan adakan kerjasama dengan BPOM nantinya, untuk mengecek kandungan bahan makanan yang dijaual, baik dirumah makan maupun jajanan di sekolah”, tutupnya.

Ketua YKI cabang Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius mengatakan bahwa pihaknya telah menggelar beberapa kegiatan dalam memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh setiap tanggal 4 Februari di tiap tahunya, dan untuk Kota Pariaman, puncaknya baru digelar hari ini.

“Kita telah memulai dengan penyuluhan ke kecamatan dan desa yang ada di Kota Pariaman, melalui program PKK Kota Pariaman, memberikan penyuluhan ke ASN Pemko Pariaman dalam wirid bulanan bulan februari kemaren” ucapnya.

“Hari ini merupakan puncak peringatan Hari Kanker Sedunia tingkat Kota Pariaman, dengan menggelar senam sehat bersama, pengobatan gratis, penjualan baju bekas yang akan didonasikan nanti untuk penderita kanker serta penyuluhan dan pembagian door price bagi mereka yang beruntung”, tukasnya.

YKI Cabang Kota Pariaman, yang berdiri tahun 2014 lalu ini, merupakan YKI pertama di Sumbar, karena itu, kami sangat konsen untuk memerangi penyakit yang menjadi momok bagi masyarakat.

Kedepan ia berharap, agar masyarakat dapat menjalani pola hidup sehat, jauhi rokok, olahraga secara teratur dan memeriksakan kesehatanya secara berkala, ulasnya mengakhiri.

Ketua YKI Provinsi Sumatera Barat, Ny. Nevi Zuairina yang juga istri orang nomor satu di Sumatera Barat ini mengatakan bahwa YKI Cabang Kota Pariaman, merupakan cabang YKI pertama di Sumbar, karena itu, ia menyambut abik usaha yang dilakukan oleh YKI cabang Kota Pariaman ini.

“Semoga YKI Kota Pariaman semakin solid dan kompak dan terus berkarya dan berbuat untuk masyarakat untuk memerangi penyakit kanker ini”, harapnya.

“Obat untuk penyakit Kanker itu sangat mahal, karena itu, lebih baik kita mencegah sedini mungkin dan mengetahui gejala-gejala penyakit kanker, serta membiasakan pola hisup sehat”, tutupnya.

Selepas pembagian doorprice, Ny. Nevi Zuairina juga berkesempatan memeriksakan kesehatanya di pos kesehatan yang disediakan panitia, dan setelah itu mengunjungi RSU Pariaman, yang merupakan milik Provinsi Sumbar, untuk anjangsana dan memberikan sedikit bantuan untuk penderita kanker yang ada di RS tersebut. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas