Yoseph Sairela Ditemukan Tewas di Hotel Menteng

Menteri Susi Pudjiastuti

Menteri Susi Pudjiastuti

PADANGTODAY.COM – Koordinator Pos Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Yoseph Sairela ditemukan tewas di Hotel Menteng, Jakarta Pusat dua hari lalu. Kematiannya menimbulkan tanda tanya besar. Apalagi, Yoseph disebut-sebut sebagai kunci dari kasus perbudakan dan pencurian ikan di Kapal Pusaka Benjina Resources (PBR).

Wakil Ketua Tim Satgas Anti Illegal Fishing Yunus Husein menduga kuat adanya tekanan atas kasus kematian anak buah Menteri Susi Pudjiastuti tersebut.

“Bisa jadi beliau ada tekanan dengan kasus pelanggaran di depan mata dia,” kata Yunus di Jakarta, Selasa (21/4).

Yoseph diketahui tinggal di Benjina. Maka itu wajar bila korban dianggap mengetahui kasus dugaan perbudakan yang dilakukan PT Pusaka Benjina Resources (PBR).

Walau begitu, Yunus menegaskan bahwa korban tidak berhubungan langsung dengan kasus perbudakan yang dilakukan di Benjina. Sebab Yoseph hanya fokus kepada penangkapan ikan ilegal.

“Banyak tahu iya, tapi kalau berhubungan dengan kasus perbudakan Benjina, tidak. Karena dia bukan yang menangani itu,” ungkapnya.

Meski tim satgas menduga adanya kasus pembunuhan, namun pihaknya tetap menyerahkan sepenuhnya pada penyelidikan pihak berwajib.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membenarkan bahwa almarhum merupakan sosok yang paham betul kondisi Benjina.

Kematian anak buahnya itu membuat Menteri Susi kehilangan sosok ‘pemberi jalan’ untuk melawan PBR. Meski pelbagai asumsi muncul dari kematian Yoseph, Menteri Susi tetap enggan berspekulasi atas kejadian ini.

Menteri Susi menegaskan masih menunggu hasil visum untuk memastikan kematian anak buahnya ini. Meskipun kematiannya dianggap janggal oleh pihak keluarga.

“Tapi kita tidak boleh berasumsi karena hasil visumnya belum ada,” kata Susi.

(neo/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*