Yulidarnis “Iyung Sikumbang”, Siap dengan Amanah Jadi Wakil Rakyat

Oleh: Dodi Syahputra

Perempuan merupakan sosok manusia yang juga bisa kuat, mandiri, dan berdiri dengan penuh percaya diri. Setiap perempuan pasti menginginkan kebahagiaan dan cinta di hidupnya. Itupulalah yang mendorong semangat seorang Yulidarnis AMd Keb, perempuan Payakumbuh yang lahir 16 Juli 1984 itu terus giat berorganisasi dan berbuat untuk masyarakatnya.

Yulidarnis AMd Keb. "Iyung Sikumbang"

Yulidarnis AMd Keb. “Iyung Sikumbang”

Ya, masyarakat Kota Payakumbuh yang amat dicintai oleh istri Fadri dan ibu dari Salsabila Putri ini. Dukungan masyarakat sangatlah besar agar perempuan muda dan energik ini duduk sebagai anggota legislatif, di DPRD Kota Payakumbuh. Proses itu sedang dijalaninya.

“Rasa dicintai dan mendapatkan dukungan untuk dapat melangkah maju, mandiri, dan gemilang untuk menghadapi hidupnya. Karena perempuan memang seharusnya menjadi hebat,” Iyung–panggilan akrabnya–penuh optimis.

Sejak awal menginjak remaja, sosok Iyung memang dikenal gigih berbuat demi masyarakatnya. Jadi, bukan suatu yang aneh, jika Yulidarnis alias Iyung dikenal di seluruh lapisan masyarakat. Wakil Ketua DPD BM PAN Sumatera Barat, Sekretaris AAFI (Asosiasi Akademi Futsal Indonesia) Sumbar, Wakil Sekretaris DPD PAN Kota Payakumbuh, Ketua Bidang Organisasi Karang Taruna Kota Payakumbuh.

Juga, Wakil Bendahara Pemuda Pancasila Kota Payakumbuh, Manager Amorta Futsal Academy Kota Payakumbuh, Sekretaris Karang Taruna Kecamatan Payakumbuh Barat, serta Pengurus Bundo Kanduang Koto Nan Ompek, Ketua Karang Taruna Bhakti Utama Kelurahan Tanjung Pauh, serta Ketua Puti Bungsu Kelurahan Tanjung Pauh.

Segudang Prestasi putri Tanjung Pauh, Kota Payakumbuh ini ternyata segudang. Yulidarnis atau Iyung ini adalah Uni Kota Payakumbuh 2008, Finalis Uni Sumbar 2008, Karang Taruna Terbaik Tingkat Kota Payakumbuh 2009, Karang Taruna Terbaik tingkat Provinsi tahun 2009, Karang Taruna Terbaik Tingkat Nasional tahun 2009, Penggiat Anti Narkoba tahun 2017 sampai sekarang, Relawan Anti Narkoba BNN Kota Payakumbuh tahun 2017 sampai sekarang.

Iyung pun rutin mengadakan penyuluhan bahaya narkoba di seluruh kelompok-kelompok masyarakat. Harapannya bisa menjadi wakil rakyat yang amanah, diamini langsung oleh Ibunda Zullaina dan Ayahanda Nasrul. Iyung anak dari 5 bersaudara. Kini Bidan swasta yang aktif di kegiatan Bundo Kanduang, Karang Taruna dan Puti Bungsu di konsep melestarikan adat dan budaya Kenagarian Koto Nan Ampek.

“Maka kekuatan perempuan di sisi Assertiveness (Ketegasan), Agresivitas, Empati, Kekuatan Ego, Pengendalian Stres, dan Energi yang luar biasa besar itu akan tersalurkan dengan baik dan menjadi keunggulan bersama, seluruh masyarakat Payakumbuh. Maka harapan terbesar menjadi wakil rakyat, berjuang dan memperjuangkan amanah rakyat, itu kini jadi harapan yang besar. Tinggal lagi, dukungan masyarakat segera membuktikannya. Insya Allah!”(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*