Zat Sederhana Dalam Minyak Zaitun Ternyata Bisa Membunuh Sel Kanker

Ilustrasi minyak zaitun

Ilustrasi minyak zaitun

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang ditakuti oleh semua orang. Meski kini telah banyak jenis teknologi dan inovasi untuk merawat kanker, namun masih banyak juga orang yang mencari pengobatan kanker melalui bahan-bahan alami. Sebuah penelitian mengungkap bahwa cara ini kemungkinan bisa membuahkan hasil.

Sebuah penelitian dalam jurnal Molecular & Cellular Oncology menemukan bahwa zat sederhana dalam minyak zaitun extra virgin ternyata bisa membunuh sel kanker. Zat tersebut dikenal dengan nama oleochantal (atau OC), seperti dilansir oleh Daily Health Post (12/03).

Peneliti terkejut ketika menemukan bahwa zat OC bisa menyebabkan kematian sel dengan cepat. Zat ini bisa membunuh sel kanker hanya dalam waktu 30 menit. Lebih baik lagi, karena zat ini tidak menyebabkan efek apapun terhadap sel yang tidak terkena kanker.

Sebenarnya efek kesehatan dari oleochantal sudah bukan hal baru lagi. Sebuah penelitian pada tahun 2014 mengungkap bahwa OC bisa memberikan efek zat anti-peradangan dan efek kemoterapi pada pasien.

Minyak zaitun juga diketahui bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan osteoporosis, serta mencegah penyakit yang berkaitan dengan usia tua. Untuk menjaga kesehatan dan mencegah kanker, minyak zaitun ekstra virgin bisa digunakan untuk memasak.

(kun/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*