Zulnaldi, Pendaftaran Caleg Sesuai Dengan Ketetapan

Photo Ilustrasi Pendaftran Caleg Ke KPUD

Padang-today.com__Ketua KPU Padang Pariaman, Zulnaldi mensiasati keterlambatan pengusulan calon legislatif (caleg) dengan membuat komitmen bersama Partai Politik (parpol).

Berharap masalah pengusulan atau pendaftaran Calon Legislatif (caleg) tidak berbondong-bondong mendaftar dijadwal terakhir sesuai ketetapan. Hal tersebut disepakati saat pertemuan rapat pada 4 Juli 2018 lalu.

“Pembukaan pendaftaran atau pengusulan calon legislatif yang diusung partai politik sudah dibuka sejak 4 Juli dan berakhir 17 Juli 2018. Di hari ke enam ini, belum satupun ada partai politik maupun caleg yang mendaftar. Kami pun sudah melakukan inisiatif dengan membuat komitmen kepada parpol dan calegnya, dan sepakat akan menyerahkan semua syarat dan pengusungan sesuai tanggal yang telah ditetapkan,” kata Zulnaldi.

Kami berharap lanjutnya, terutama pada partai besar yang sudah berpengalaman dalam pesta demokrasi ini. Mereka tidak terlalu kesulitan lagi menuntaskan persyaratan pengusulan masing-masing caleg karena sudah biasa mereka lalui.

Partai politik yang sah mengikuti pemilihan dan pengusulan calon legislatif tahun ini ada 16 parpol. 11 diantaranya sudah sepakat akan mengatarkan semua syarat dan mendaftarkan semua calon legislatifnya ke KPU Padang Pariaman.

“Dalam lembaran komitmen yang sudah disepakati, PKB sepakat akan mendaftar pada Kamis, 17 Juli, Gerindra pada Sabtu, 14 Juli, PDI Perjuangan pada Minggu, 15 Juli, Nasdem pada Senin, 16 Juli, Golkar pada Rabu, 11 Juli, PKS pada Kamis, 12 Juli, Perindo pada Senin, 9 Juli, PPP pada Selasa, 10 Juli, PAN pada Kamis, 12 Juli, Hanura pada Jumat, 13 Juli dan terakhir Demokrat berjanji mendaftar pada Sabtu, 14 Juli 2017,” kata Edi, panggilan akrap ketua KPU ini.

Sedangkan Partai yang sering melakukan konsultasi di Kantor KPU Padang Pariaman yakni dari PPP, PBB, Nasdem, Demokrat dan PKPI. “Saya sangat berharap kepada seluruh partai politik beserta caleg yang akan mendaftar dapat menuntaskan dan mendaftar sesuai komitmen yang sudah dibuat. Pendaftaran diwaktu hari terakhir sangat riskan dan menyulitkan petugas dalam melakukan administrasi pelaksanaan pemilihan legislatif nantinya,” tutup Zulnaldi. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*