Wartawan Diberi Pembekalan AMT

Sejumlah Wartawan Cukup Serius Mengikuti Pembekalan dari Pemprov Sumbar

Padang, Padang-today.com__Achievment Motivation Training (AMT) dibuka secara resmi oleh Asisten 3 Pemprov Sumbar Bidang Adm Umum di Rocky Hotel, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) Minggu malam 19-112017.

Kegiatan yang bertema “Melalui Achievment Motivation Training, kita tingkatkan kompetisi dan profesional wartawan dalam mengembangkan pariwisata Sumbar.

Kegiatan yang diangkatkan oleh UPTD BPPD Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi ini, Dihadiri oleh Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus dan Kadis Ketenaga Kerjaan Pemprov Sumbar sekaligus sebagai pemateri.

“Dengan diikut sertakan wartawan dalam hal ini dapat mengelola informasi di Ranah Minang dengan baik. Sehingga nantinya akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumbar secara berkesinambungan,” kata Asisten 3 Pemprov Sumbar Nasir Ahmad pada saat membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Nasir Ahmad mengatakan adapun maksud dan tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka pra menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2018 sekaligus meningkatkan profesionalitas wartawan sumbar serta dapat mengangkatkan dan mempublikasikan destinasi Pariwisata Sumbar.

Ia juga menyampaikan koordinasi dan kerjasama Pemprov. Sumbar dengan PWI terus dilakukan dalam rangka menyambut HPN 2018 tahun depan.

“Perlu kita ketahui bersama bahwa ditetapkannya Sumbar sebagai tuan rumah dalam HPN 2018 ke-34, bukanlah semudah yang kita bayangkan, namun semuanya penuh proses dan perjuangan yang tidak mudah,” kata dia.

Alhamdulillah lanjut Nasir, berkat dukungan dan kerjasama dan kebersamaan Pemprov. Sumbar dengan insan pers, Ranah Minang kembali jadi tuan rumah HPN tahun 2018.

“Ini tentunya suatu kebanggaan sekaligus peluang bagi kita semua, untuk dapat memanfaatkan dan meraih kesempatan dari pemerintah pusat dalam memperkenalkan potensi Sumbar ke tingkat nasional dan international,” terangnya.

Ia juga mengatakan persiapan menjelang HPN, Pemprov Sumbar telah melakukan koordinasi dengan seluruh stake holder yang nantinya akan terlibat dan diikutkan dalam HPN 2018.

“Untuk itulah Gubernur Sumbar sudah memperhatikan ini dengan sungguh-sungguh termasuk kebutuhan biayanya yang mencapai Rp 25 milyar,” kata dia.

Nasir juga mengatakan HPN 2018 harus dapat terlaksana dengan sukses, mengingat ini merupakan nama baik daerah sekaligus image wartawan sumbar.

Sumbar tidak bisa dilepaskan dari dunia pers, karena insan dan tokoh pers nasional banyak berasal dari Minangkabau yang sekaligus mempersatukan bangsa ini dari tulisannya,” papar Asisten 3 Pemprov Sumbar itu.

Pada kesempatan yang sama Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus mengapresiasi Pemprov Sumbar atas segala usahanya dalam rangka menyambut dan menyukseskan HPN 2018.

Wartawan RRI Sumbar itu juga menceritakan sejarah di catatkannya HPN oleh Pemerintah pusat, sehingga diperingati setiap tahunnya sampai sekarang.

“Pertama kali kongres HPN dilaksanakan di Kota Padang tahun 1978, lima tahun kemudian th 1982 dibawa lagi ke kongres di Jakarta dan diusulkan ke Presiden RI, saat itu Soeharto,” terangnya.

Ia menjelaskan, pada tahun 1985 Pemerintah mengeluarkan Perpres tentang HPN dan tahun 1988 hari pers pertama di Sumbar diselenggarakan.

“Oleh karena itulah menyukseskan HPN 2018 merupakan tanggung jawab kita bersama tidak hanya Pemprov Sumbar akan tetapi juga tanggung jawab moril dan sejarah untuk ke-2 kalinya bagi wartawan Sumbar,” tutup Heranof Firdaus.

Peserta yang ikut dalam pelatihan ini sejumlah wartawan di Sumbar yang berlangsung sejak hari Minggu – Jum’at 19/24 selama 5 hari (suger)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*