1 Maret HUT Damkar ke-97, Bekerja Optimal Dalam Kekurangan Demi Kemanusiaan

“Pantang Pulang Sebelum Api Padam”

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Patut diacungkan jempol, kinerja Unit Pelaksana Teknis Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Payakumbuh. Kinerja unit yang dilatih dan bertugas untuk menanggulangi kebakaran.

Advertisements
Damkar Kota Payakumbuh

Damkar Kota Payakumbuh

Petugas pemadam kebakaran selain terlatih untuk menyelamatkan korban dari kebakaran, juga dilatih untuk menyelamatkan korban kecelakaan lalu lintas, gedung runtuh, dan lainnya. UPT pemadam kebakaran yang tergabung dalam BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) adalah unsur pelaksana pemerintah yang diberi tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas penanganan masalah kebakaran dan bencana yang termasuk dalam dinas gawat darurat atau Rescue (Penyelamatan), seperti Ambulans dan Badan SAR Nasional.

Para Pemadam Kebakaran dilengkapi dengan pakaian anti-panas atau anti-api dan juga helm serta boot/sepatu khusus dalam melaksanakan tugas, dan biasanya pakaianya dilengkapi dengan scotlight reflektor berwarna putih mengkilat agar dapat terlihat pada saat pelaksanaan tugas.

Sebab, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) secara nasional ke-97 pada tanggal 1 Maret 2016, maka Kepala BPBD Kota Payakumbuh Ir Yufnani Away MM bersama Kepala UPT Damkar Ahdion mengatakan bahwa BPBD terus meningkatkan pelayanan prima dan maksimal untuk masyarakat.

Di BPBD Payakumbuh pada Selasa (16/02) siang lalu, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Mendagri No 360/3882/SJ yang meminta agar Kepala Daerah Kota/Kabupaten untuk meningkatkan pencegahan pengendalian Pemadam Kebakaran dan penyelamatan dengan menyediakan sarana/prasarana Damkar agar bisa meningkatkan kemampuan kerja aparatur pemadam.

Untuk itu UPT Damkar Payakumbuh berupaya meningkatkan kemampuan kinerja Aparatur Pemadam serta selalu melakukan koordinasi dengan Kabupaten Limapuluh Kota dalam bekerja sama dalam pengendalian kebakaran yang terjadi di dua Wilayah tersebut.

Tema pada HUT Damkar, tahun 2016 ini Profesionalitas Kinerja Aparatur Pemadam Kebakaran Dalam Upaya Pelayanan Dan Pencegahan Pada Kebakaran.

UPT Damkar Payakumbuh berharap agar pemerintah bisa menambah jumlah kendaaraan operasional pemadam.

Saat ini, jumlah kendaraan operasional Damkar Payakumbuh berjumlah 4 kendaraan dan hanya satu yang betul-betul laik jalan. Ahdion mengatakan bahwa UPT Damkar terkendala dengan kurangnya armada Damkar.

”Hasil cek fisik kendaraan dilakukan oleh pihak Dinas Perhubungan dan Kominfo, memberikan rekomendasi bahwa dari 4 kendaraan hanya satu yang laik pakai,” aku Ahdion.

UPT Damkar Payakumbuh berharap kepada Walikota Payakumbuh agar memasukkan anggaran belanja pembelian kendaraan operasional Damkar APBD-P 2016. Bahwa selama adanya kasus bencana kebakaran di kota Payakumbuh atau di daerah tetangga, pihak UPT Damkar Payakumbuh dengan peralatan seadanya selalu cepat tanggap melakukan penyelamatan pemadaman kebakaran.

Namun terkadang banyak terjadi kendala di lapangan seperti kerusakan alat-alat pemadam yang sudah tua. UPT Damkar juga memberikan nomor telepon Damkar yang selama 24 jam siap melayani masyarakat dalam menanggulangi bencana kebakaran 0752-92913.

WALIKOTA

Sementara itu, Walikota Payakumbuh H Riza Falepi, sangat memuji kinerja UPT Damkar Payakumbuh di bawah Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Dua jempol diberikan bagi kinerja dan semangat kemanusiaan tim Damkar Payakumbuh.

”Pemerintah Kota Payakumbuh terus berupaya memenuhi segala kebutuhan bagi pelayanan publik. Keterbatasan kemampuan anggaran terus kita lakukan perbaikan di segala sektor,” ujar H Riza Falepi saat dikonfirmasi.

Walikota mengucapkan selamat Ulang Tahun Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh, teruslah bekerja dan berkemanusiaan. Meski dengan segala keterbatasan, Damkar Payakumbuh telah menjadi yang terbaik di tengah masyarakat Payakumbuh.

Perahu Karet

Regu Unit Reaksi Cepat Tim UPT Damkar Kota Payakumbuh juga siap turun ke lokasi bancana. Seperti yang terjadi di Pangkalan, Limapuluh Kota lalu, 7 orang tim UPT Damkar Kota Payakumbuh turun ke lokasi banjir menolong warga.

“Tim kita juga diturunkan jika terjadi bencana bentuk apapun juga di lokasi-lokasi di Wilayah Sumbar, jika dibutuhkan,” ujar Kepala UPT Damkar BPBD Payakumbuh Ahdion.

Tim UPT Damkar bermodalkan satu perahu karet dan kendaraan BPBD turun langsung ke lokasi banjir. Di sana saat itu, mereka memberikan pertolongan untuk masyarakat atau korban banjir di sana. Proses evakuasi korban berlangsung taktis dilakukan oleh Tim Damkar Kota Payakumbuh bersama seluruh tim penanggulangan bencana lainnya.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*