10.000 Masker Telah Diberikan Pada Siswa Di Sawahlunto

Padang-today.com – Menyikapi kabut asap yang semakin tebal memasuki wilayah Sawahlunto, Walikota Deri Asta menghimbau masyarakat untuk lebih waspada menjaga kesehatan terutama anak-anak yang lebih rentan terpapar cemaran kabut asap.

Deri juga menginstruksikan Dinas Kesehatan untuk lebih waspada dan bergerak cepat membagikan masker terutama kepada anak sekolah.

“Usahakan tidak banyak melakukan aktifitas di luar ruangan, apabila terpaksa keluar, sebaiknya gunakan masker dan jangan lupa perbanyak minum air putih” himbau Walikota.

Ia juga meminta masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah sehingga tidak menambah kepekatan kabut asap.

Yasril Kepala Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto mengungkapkan sejak jumat pagi (13/9) pihaknya telah bergerak membagikan masker kepada anak di sekolah-sekolah.

Dari 16.000 masker yang diadakan Dinas Kesehatan, sekitar 10.000 masker telah dibagikan terutama ke sekolah-sekolah.

Selain Dinas Kesehatan, masker juga disediakan oleh BPBD Sawahlunto sebanyak 20.000 pcs, ada juga pihak LSM dan organisasi non Pemerintah yang turut peduli.

Pihaknya juga memberikan masker kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Puskesmas.

“Pengukuran kadar cemaran kabut asap terus dipantau oleh Dinas Lingkungan Hidup. Jika sampai melewati ambang batas membahayakan kesehatan, kita akan ambil kebijakan meliburkan sekolah-sekolah” ujar Yasril kepada humas.(*rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas