100 Jabatan Eselon III dan IV Diperkirakan Hilang

Padangpanjang, padang-today – Pasca diberlakukannya PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, terdapat perombakan pada sejumlah SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemko Padangpanjang. Dampaknya, sekitar 100 jabatan eselon III dan IV diperkirakan akan hilang atau dilikuidasi.

Advertisements

Kabag Organisasi Setdako Padangpanjang, Nuldryman mengatakan, hingga saat ini belum dipastikan jabatan-jabatan apa saja yang hilang karena masih dalam tahap perbaikan data. Namun, ia memperkirakan banyak jabatan eselon III dan IV yang hilang. Namun, untuk jabatan eselon II tidak terlalu berpengaruh.

Sesuai kesepakatan antara kementerian, lembaga, departemen dan instansi yang difasilitasi Ditjen Otda Kemendagri di Gubernuran Sumbar, 28 Juni 2016 lalu, seluruh kabupaten/kota diberikan kesempatan memperbaiki data. Data yang sudah diperbaiki akan diserahkan ke pemerintah provinsi Sumbar, Jumat (15/7).

Data tersebut kemudian bakal divalidasi provinsi dan dijadwalkan pada hari Senin (18/7) data yang sudah valid itu dikirim ke Kemendagri. Awal 2017, ditargetkan SOTK baru sudah terisi.

PP 18 tahun 2016 Perangkat Daerah ditandatangani Presiden Jokowi pada tanggal 15 Juni 2016. Dalam PP itu dijelaskan bahwa Perangkat Daerah adalah unsur pembantu kepala Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah.

Pembentukan Perangkat Daerah, menurut PP tersebut, dilakukan berdasarkan asas: a. Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah; b. intensitas Urusan Pemerintahan dan potensi Daerah; c. efisiensi; d. efektivitas; e. pembagian habis tugas; f. rentang kendali; g. tata kerja yang jelas; dan h. Fleksibilitas.

“Pembentukan dan susunan Perangkat Daerah ditetapkan dengan Perda, yang berlaku setelah mendapat persetujuan dari Menteri (Mendagri, red) bagi Perangkat Daerah provinsi dan dari gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat bagi Perangkat Daerah kabupaten/kota,” bunyi Pasal 3 ayat (1,2) PP tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*