100 Pendidik Terbaik Akan Presentasikan Model Pembelajaran Kurikulum 2013 dalam OSN Guru

OSN
Jakarta,PADANGTODAY.com-Sebanyak 100 pendidik hasil praseleksi tingkat provinsi akan mempresentasikan model pembelajaran Kurikulum 2013 dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) Guru 2014 yang digelar 1—7 September 2014 di Tangerang, Banten. Kompetisi ini diikuti oleh guru dari seluruh jenjang pendidikan, yaitu guru kelas untuk tingkat SD, guru matematika dan IPA untuk tingkat SMP, serta guru matematika, fisika, biologi, dan kimia untuk tingkat SMA/SMK.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan, Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP), Syawal Gultom di Jakarta, Kamis (28/8/2014) mengatakan, inti diselenggarakannya OSN guru adalah meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme guru. Ia menyebut, kualitas pembelajaran yang baik bermula dari bagaimana guru melakukan eksperimen pembelajaran yang baik pula. Eksperimen yang dituangkan dalam bentuk karya ilmiah inilah yang akan dinilai dalam OSN Guru. “Karya-karya ini akan dipilih yang paling baik,” ujar Syawal.

Hal yang berbeda pada penyelenggaraan OSN Guru tahun ini adalah adanya penekanan terhadap Kurikulum 2013. “Karyanya nanti akan dilihat dari penekanan apakah nuansa saintifik-nya muncul atau tidak, apakah nuansa inquiry dan discovery learning-nya bisa diterapkan di sekolah. Nanti akan tampak dalam karya itu dan pada saat dia presentasi,” tambahnya.

Saat ditanya tentang evaluasi penyelenggaraan OSN Guru dari tahun ke tahun, Syawal mengakui ada peningkatan untuk bidang-bidang tertentu dan kualitas karya yang dikutsertakan dalam olimpiade ini semakin baik. Ia menambahkan, model pembelajaran yang paling baik nantinya bisa dijadikan sebagai model pembelajaran Kurikulum 2013 secara nasional. “Memang harus di-share. Best practice pembelajaran ini harus dibagi juga untuk guru-guru lainnya,” kata Syawal. (ra/dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*