12 Kegiatan Diusulkan di Musrenbang Kampung Manggis

Padangpanjang, TODAY—Kelurahan Kampung Manggis mengupayakan 12 kegiatan yang terdiri fisik, ekonomi dan sosial budaya dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), Selasa, (12/1/2021).

Advertisements

Dari catatan Kominfo, kegiatan fisik berupa pendaman, menjadi yang banyak diusulkan, guna mengatasi terjadinya longsor di sekitar pemukiman warga. Kegiatan non fisik juga turut diusulkan, seperti kegiatan ekonomi berupa pelatihan tanaman hidroponik, pengelolaan produk pertanian. Sedangkan kegiatan sosial budaya dalam rangka penguatan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS –SBK)

“Kegiatan fisik seperti pendaman ada yang digabung menjadi satu kegiatan. Lantaran antara satu RT dan RT lain saling berdampingan. Sehingga bisa mengakomodir usulan fisik lain,” kata Lurah Kampung Manggis, Ilham Kusuma RY, S.STP.

Di samping itu, pelatihan tanaman hidroponik dan pelatihan pengelolaan produk pertanian, lanjut Ilham, juga digabungkan. Dengan demikian, ada usulan baru yang bisa ditampung.

Sekretaris Bappeda, Davidson menyampaikan, tahun ini kelurahan dibagi menjadi 3 tipe dalam menentukan usulan pada Musrenbang. “Tipe ini berdasarkan jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah RT dan DTKS. Tipe 1 maksimal  12 usulan, tipe II maksimal 9 usulan,  dan tipe III maksimal 6 usulan. Kelurahan Pasar Baru termasuk tipe III,” ungkapnya dihubungi terpisah.

Sementara usulan untuk tahun 2022, kata Davidson,  diharapkan mengarah kepada peningkatan ekonomi yang terdampak Covid-19. Rapat sebelumnya dibuka Camat Padangpanjang Barat, Fhandy Ramadhona, S.STP, M.Si, perwakilan OPD terkait, RT, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, yang dipandu fasilitator kelurahan. (nfo/ka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*